ilustrasi kenapa digital marketing penting untuk bisnis

5 Alasan Mengapa Digital Marketing Penting

Untuk bisa bertahan ditengah-tengah perkembangan teknologi, bisnis perlu beradaptasi. Salah satunya dengan mengetahui mengapa digital marketing penting untuk dipelajari. 

Menurut survey dari The Manifest, hampir 58% SME (Small Medium Enterprise) menggunakan digital marketing sebagai alat untuk mempromosikan produk dan service nya. 

Dan sebagian dari mereka merasakan manfaat serta kesuksesan dari transformasi digital nya tersebut. 

Pertanyaanya adalah, seberapa penting peran digital marketing dalam keberlangsungan bisnis? Mari kita simak artikel ini untuk mengetahui mengapa digital marketing penting di era teknologi.

Alasan Pentingnya Digital Marketing

Untuk memastikan apakah peran digital marketing benar penting adanya. Berikut lima alasan utama yang perlu kamu ketahui:

1. Memperluas Jangkauan Pasar

Digital marketing berperan penting dalam menjangkau audiens yang lebih luas. Ini sangat penting untuk sebuah bisnis, terutama UMKM.

Dengan bantuan platform digital dan koneksi internet, bisnis dapat menjangkau pasar lokal, wilayah, provinsi, global, sampai lingkup internasional. 

Kamu juga perlu mengetahui bahwa teknologi Search Engine Optimization (SEO) merupakan salah satu keunggulan dari digital marketing untuk mendapatkan customer yang lebih luas lagi baik dari sisi geografi maupun demografi. 

Hal ini dibuktikan dari kutipan dari Direktur Pemberdayaan Informatika, Septriana Tangkary yang menyatakan bahwa pertumbuhan nilai perdagangan elektronik di Indonesia mencapai 78% dan tertinggi di dunia. 

Kenaikan tersebut nyatanya memberikan efek signifikan terhadap perekonomian Indonesia, yakni mencapai 337 triliun rupiah. 

Dengan begitu, pemanfaatan digital marketing ditengah pasar digital sangatlah penting dan berpengaruh, terutama dalam menjangkau pasar yang lebih luas. 

See also  Strategi Keberhasilan Bisnis Melalui TikTok

2. Meningkatkan Brand Awareness

Meningkatkan brand awareness melalui platform digital merupakan tujuan dari digital marketing. 

Identitas dan reputasi bisnis dapat dikenal luas dan cepat oleh bantuan platform sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, YouTube atau MocaasTV

Selain menjadi cepat terkenal, brand awareness memberikan efek positif lainnya seperti meningkatkan kepercayaan antara bisnis dengan customer, menggapai potensial customer yang sesuai target pasar, dan menciptakan keterikatan emosional antar customer. 

Beberapa cara yang bisa kamu gunakan seperti melibatkan komunitas online (sesuai target pasar), membuat video marketing yang melibatkan audiens atau membuat program afiliasi dengan perseorangan atau mitra tertentu. 

Contoh nyata seperti brand skincare, Scarlett Whitening. Demi mencapai identitas skincare pemutih tubuh, brand ini menggandeng grup KPop terkenal di Korea, TWICE untuk menjadi brand ambassador nya. 

Alhasil, brand Scarlett Whitening dapat merasakan pentingnya digital marketing bagi bisnis UMKM. 

3. Meningkatkan Interaksi dan Keterlibatan Pelanggan

Dalam melakukan praktek digital marketing, penting sekali untuk melibatkan pelanggan dan interaksi antar customer. 

Karena dengan keterlibatan pelanggan, bisnis kamu akan terlihat lebih terpercaya dan eksis. Seperti halnya memberikan testimoni langsung via kolom komentar, review berupa lima bintang, atau mereka akan melakukan posting di akun media sosial mereka. 

Akan tetapi menunggu testimoni dari pelanggan tidaklah cepat. Untuk itu kamu juga bisa membuat program khusus secara sengaja untuk meningkatkan interaksi dan keterlibatan pelanggan dengan cara influencer marketing.

Yaitu sebuah kerjasama dengan influencer atau tokoh terkenal yang dapat membantu meningkatkan eksposur brand kamu. Secara otomatis brand kamu bisa berinteraksi langsung dengan para audiens dari influencer tersebut. 

4. Mengukur Kinerja dan ROI dengan Akurat

Di era digital, pengukuran Return on Investment (ROI) menjadi sangat cepat, mudah dan akurat. Hal ini menjadi alasan mengapa digital marketing penting untuk di-implementasikan kedalam bisnis. 

See also  Konten Eksklusif Instagram: Cara Baru Mendapat Cuan di Media Sosial

Terdapat beberapa alat pengukuran ROI yang bisa kamu gunakan seperti:

  • Google Analytics
  • Google Ads
  • Facebook Insights dan Facebook Pixel
  • Instagram Insights
  • HubSpot
  • Dll..

Kamu bisa mempelajari bagaimana Coca-Cola, brand besar asal Amerika sekalipun ini mengandalkan Google Analytics sebagai alat untuk menganalisis kinerja kampanye digital marketing mereka. 

Coca-Cola mengukur kinerja posting organik dan iklan yang mereka sebar di beberapa platform media sosial mereka. Serta, dengan penggunaan digital marketing yang tepat, brand Coca-Cola bisa berinteraksi aktif melalui konten-konten mereka.

5. Kemudahan dan Skalabilitas untuk Pertumbuhan Bisnis

Peran internet di era teknologi saat ini berpengaruh besar terhadap skalabilitas dalam pertumbuhan bisnis. 

Dan disinilah pentingnya peran digital marketing. Dengan memanfaatkan metode ini, bisnis dapat mengatur operasional bisnis dari proses hingga budget yang perlu dikeluarkan secara efisien, seperti:

  • Menentukan dan mencari target pasar dan audiens yang lebih luas
  • Efisiensi platform digital dibandingkan penggunaan media cetak atau konvensional
  • Pengukuran real-time dan akurat

Dari manfaat tersebut, tentu saja digital marketing memberikan manfaat penting bagi bisnis, terutama UMKM. 

Salah satu contoh brand clothing Indonesia, Berrybenka yang memanfaatkan digital marketing berupa platform e-commerce untuk menampilkan dan menjual produk-produknya. 

Dimulai dari showcase online berbasis website dan aplikasi, Berrybenka berhasil menjual ribuan produknya hingga berhasil membuat toko fisik yang berlokasi di mall-mall terkemuka di Indonesia.

Kesimpulan

Kini kamu telah menyadari mengapa digital marketing penting untuk diaplikasikan oleh bisnis. Selain memberikan keuntungan, juga menjadikan bisnis kamu lebih berkuallitas lagi. 

Kamu juga bisa memanfaatkan beberapa platform popular ini untuk melakukan bisnis online serta mendatangkan keuntungan. 

baca juga : 8 Aplikasi Bisnis Online Terbaik di 2023

Atau jika kamu telah memiliki website tapi tidak tau bagaimana cara mengoptimalkannya, baca artikel ini untuk meningkatkan pengunjung ke website kamu.

See also  Cara Menghitung Engagement Rate Social Media

More Reading

Post navigation

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *