logo youtube shorts, salah satu alternatif para kreator menghasilkan uang

6 Tips Menghasilkan Uang dari YouTube Shorts

Kini, YouTube bukan hanya sekadar platform untuk menonton dan memonetisasi video berdurasi panjang, tetapi para kreator juga memiliki peluang besar untuk menghasilkan uang dari YouTube Shorts.

Dengan fitur barunya, YouTube Shorts memungkinkan kamu untuk menikmati video berdurasi singkat namun tetap menarik dan lebih berpotensi menghasilkan uang bagi para konten kreator. Lalu bagaimana cara menghasilkan uang dari YouTube Shorts? Mari simak artikelnya.

Apa Itu YouTube Shorts?

tampilan youtube shorts di 3 smartphone yang berbeda, menghasilkan uang menjadi sangat mungkin dilakukan oleh konten kretaor melalui youtube shorts

Courtesy of YouTube

Sebelum mempelajari bagaimana cara menghasilkan uang dari YouTube Shorts, ada baiknya kamu mengetahui manfaat serta cara penggunaan YouTube Shorts. 

Berbeda dengan tayangan YouTube pada umumnya, YouTube shorts memiliki durasi video yang lebih singkat, yakni hanya sekitar 15-60 detik saja. 

Diluncurkan pada tahun 2021, YouTube Shorts diperkenalkan sebagai fitur baru yang memfasilitasi penonton dengan format video vertikal yang memutarkan video-video rekomendasi lainnya secara otomatis. 

Bagi para konten kreator, YouTube Shorts jelas mempermudah dalam pengunggahan video. Hanya dengan smartphone, mereka bisa langsung merekam dan mengunggah video ke platform YouTube. 

Tidak hanya itu, YouTube Shorts dilengkapi dengan fitur editor. Kamu bisa merubah atau menambahkan audio, filter, atau caption terlebih dahulu sebelum video tersebut di-upload.

Selain mempermudah secara teknis, tentu saja hal tersebut mempermudah konten kreator untuk menghasilkan uang dari YouTube Shorts. 

Untuk kegunaannya sendiri, kamu bisa menjadikan video YouTube Shorts sebagai media promosi, karena viewers bisa memberikan like, dislike, share, comment, dan juga subscribe sebuah channel melalui YouTube Shorts.

See also  5 Ide Konten YouTube untuk Introvert, Cuma Modal HP!

Hal tersebut mempermudah konten kreator dalam meningkatkan social media engagement secara optimal. 

Bagaimana YouTube Short Menghasilkan Uang?

Jika seseorang bertanya “apakah YouTube Shorts menghasilkan uang?”, jawabanya tentu saja bisa. 

YouTube Shorts sudah bisa dimonetisasi per tahun 2023. Artinya, setiap kreator bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari YouTube Shorts. 

Namun, ada beberapa syarat yang perlu kamu penuhi untuk dapat menghasilkan uang dari YouTube Shorts, yaitu:

  • Video harus original dan otentik dari kreator
  • Memiliki 1.000 subscribers dan 10 juta viewers dalam 90 hari terakhir
  • Mengunggah minimal 1 video Shorts dalam 180 hari terakhir
  • Kreator berusia minimal 13 tahun
  • Kreator mengaktifkan fitur pembagian keuntungan iklan Shorts

Jadi, kreator harus memenuhi berbagai persyaratan di atas untuk bisa menghasilkan uang dari YouTube Shorts. Kamu bisa mengunjungi Bantuan YouTube untuk informasi lebih lanjut.

Tips Menghasilkan Uang dari YouTube Shorts

source : pixabay

Sebagai kreator, kamu harus tau cara untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube Shorts, yang mana formatnya berbeda dari video YouTube pada umumnya.

Oleh karena itu, yuk simak 6 tips dibawah ini agar kamu bisa lebih maksimal dalam menghasilkan uang dari YouTube Shorts.

1. Meningkatkan Popularitas di YouTube Shorts

Untuk meningkatkan popularitas di YouTube Shorts, kamu perlu menentukan niche dan tema konten yang menarik. 

Setelah itu, gunakan kreativitasmu untuk membuat dan mengedit video yang menarik audiens dari niche yang telah kamu tentukan. Baca juga artikel ini untuk mengetahui 5 aplikasi populer untuk mengubah format video.

Agar lebih menunjang performa konten, gunakan juga musik dan suara yang bisa menarik perhatian orang. Biasanya, YouTuber menggunakan suara asli yang di-dubbing menjadi narasi menggunakan alat bantu microphone untuk kualitas suara yang lebih baik.

See also  3 Tahapan Penting Dalam Membuat Konsep Video

2. Mengoptimalkan Performa Video di YouTube Shorts

Kedua, selalu perhatikan judul dan deskripsi yang kamu buat. Ada baiknya untuk mempelajari teknik copywriting untuk hasil penulisan yang menarik dan optimal. Jika kamu kesulitan dalam mempelajarinya, gunakan AI tools sebagai alat bantu pembuatan penulisanmu. 

Selain penulisan, penting sekali untuk melengkapi deskripsi dengan penggunaan tagar (Hashtag) yang relevan dan populer agar kontenmu mudah dicari oleh audiens. 

Agar lebih menarik perhatian audiens, buatlah thumbnail yang menonjol dan unik. Kamu bisa menggunakan beberapa bantuan tools seperti Canva, Afterlight, atau Unfold untuk menciptakan thumbnail yang bagus dan cepat. 

3. Memahami Algoritma YouTube Shorts

Mempelajari bagaimana algoritma bekerja merupakan salah satu cara menghasilkan uang dari YouTube Shorts yang ampuh. Dengan ini, kamu bisa menerapkan strategi untuk meningkatkan visibilitas video di feed Shorts.

Maka dari itu, analisa selalu kata kunci yang ingin kamu gunakan di video Shorts yang ingin diunggah. Cari tahu juga faktor-faktor yang mempengaruhi penempatan video di YouTube Shorts seperti durasi video, kualitas konten, interaksi, judul dan deskripsi, serta trending topics. 

4. Berinteraksi dengan Komunitas YouTube Shorts

Seperti yang dijelaskan di awal, viewers berinteraksi dengan kreator melalui YouTube Shorts. Maka dari itu, manfaatkan dengan baik fitur-fitur ini dan selalu berikan respons feedback dari viewers dengan positif.

Untuk mengetahui bagaimana cara mengoptimalkan fitur interaksi dan bagaimana cara meningkatkan engagement terhadap audiens, kamu bisa baca artikelnya disini

Selain viewers, kamu juga bisa berinteraksi dengan kreator lainnya. Kembangkan koneksi dengan sesama kreator yang juga rutin membuat konten YouTube Shorts, dan buatlah kolaborasi dengan kreator lainnya untuk memperluas audiens.

Faktanya, membangun komunitas antar para kreator bisa memberikan banyak manfaat, baik dari sisi dukungan maupun material. Kenali 5 manfaat membangun komunitas bagi konten kreator

See also  Contoh Konsep Video Cinematic: Kehidupan Suku Badui

5. Mengukur Kinerja dan Analisis YouTube Shorts

Untuk memastikan apakah kamu berhasil menghasilkan uang dari YouTube Shorts atau tidak, cobalah untuk lebih bergantung kepada data. Dengan itu, kamu bisa melacak statistik dan analisis kinerja video.

Cara melacak statistik, kamu bisa klik tombol “Analitik” di bawah judul video, lalu klik tombol untuk membuka panel analitiknya. Disini kamu bisa membaca jumlah tampilan video, keterlibatan audiens (interaksi), durasi waktu tonotn, serta demografi penonton. 

Dengan mengetahui perkembangannya, kamu bisa meningkatkan performa. Cobalah untuk mulai melakukan uji coba dan eksperimen terhadap pendekatan kamu dalam membuat konten.

6. Strategi Promosi untuk YouTube Shorts

Kamu mungkin sudah tahu kalau YouTube Shorts sering digunakan sebagai sarana promosi dan menjadi jembatan terhadap video asli yang berdurasi yang lebih panjang. Kamu juga bisa menjadikan YouTube Shorts kamu untuk mempromosikan video Shorts kamu sendiri.

Jika kamu cukup kreatif, kamu juga bisa meningkatkan partisipasi penonton dengan melakukan kampanye pemasaran.

Kendala dan Tantangan dalam Menghasilkan Uang dari YouTube Shorts

Dari kemudahan-kemudahan yang bisa dibayangkan, mendapatkan penghasilan dari YouTube Shorts juga memiliki tantangan nya tersendiri. 

Seperti hal nya masalah hak cipta dan pelanggaran yang bisa terjadi karena backsound yang digunakan atau referensi video yang dicampur dengan video orisinil kreator bisa berdampak pemblokiran video. 

Ada lagi masalah penurunan penampilan video secara tiba-tiba, tidak seperti video YouTube pada umumnya yang memiliki settingan resolusi. Terkadang hal tersebut membuat audiens tidak nyaman dan pada akhirnya kembali ke video YouTube reguler. 

Dan persaingan diantara kreator YouTube Shorts juga menjadi tantangan bagi kreator-kreator baru yang ingin mencoba peruntungan di fitur baru YouTube tersebut. 

Kesimpulan

Apakah YouTube Shorts menghasilkan uang? Pada dasarnya, YouTube merupakan wadah buat kreator untuk hidup dari karyanya, termasuk YouTube Shorts. 

Baik itu video berformat biasa atau YouTube Shorts, menghasilkan uang dari YouTube itu memungkinkan untuk setiap kreator.

Selamat mencoba!


Posted

in

by

Tags: