Cara Membuat Film Pendek Sederhana untuk Pemula

Film pendek atau short movie adalah pilihan tepat pada saat mencari hiburan di waktu yang singkat.  

Pasalnya, walaupun durasi film pendek tergolong sangat singkat (10-30 menit). Namun film pendek memiliki makna lugas dan tidak bertele-tele.

Sehingga sebagian masyarakat cenderung lebih memilih short movies dibandingkan film layar lebar yang berdurasi 60-120 menit. 

Terlebih lagi dengan maraknya Video On Demand (VOD) dan video streaming platform, membuat fim pendek semakin mudah diakses dimanapun dan kapanpun.
Hal ini dibenarkan berdasarkan sebuah Survey bahwa 22% dari 2.5juta pengguna internet global rutin menonton film pendek.

Dampak Film Pendek Terhadap Produksi Film

contoh kru fil sedang membuat film pendek

Akibat tingginya minat masyarakat terhadap short movie membuat para film maker terpacu untuk mempelajari cara membuat film pendek. 

Tidak hanya sutradara terkenal saja yang bisa membuat film pendek, namun para sutradara pemula atau freelancer pun bisa membuatnya. 

Jika kamu salah satu sutradara pemula atau freelancer yang ingin belajar bagaimana cara membuat film pendek, artikel ini akan membahas tentang langkah-langkah membuat film pendek untuk pemula. 

Yuk simak artikel nya!

5 Langkah Awal Membuat Film Pendek

Mocaas telah merangkum 5 langkah awal yang perlu kamu persiapkan untuk belajar cara membuat film pendek.

1. Persiapkan Tema Film Pendek Kamu

Agar film kamu memiliki nilai dan karakter, kamu wajib menentukan dua hal utama yang menjadi landasan dari film pendekmu.

Pertama, tentukan ide cerita atau tema yang ingin kamu buat. Ide cerita yang baik adalah yang sederhana, jelas, menarik, dan tidak terlalu rumit.

See also  5 Jenis Angle Kamera dalam Fotografi

Terdapat beberapa tema yang bisa kamu pilih seperti:

  • Tema sosial – Berupa problematika sosial yang terjadi di kehidupan bermasyarakat
  • Tema jasmaniah – Berupa kisah persahabatan, percintaan, atau peperangan
  • Tema ketuhanan – Berupa kisah magis atau anugerah terhadap sebuah musibah atau mukzizat
  • Tema egoik – Berfokus terhadap ego manusia seperti keserakahan, ketamakan, peperangan, dan lainnya
  • Tema organik – Berfokus terhadap nilai moral antar mahluk hidup dan manusia

Kedua, buatlah outline atau naskah film pendek kamu. Outline terdiri dari 3 bagian yaitu bagian awal, bagian tengah, dan bagian akhir/penutup.

Setelah kamu mengetahui dua landasan utama tersebut, kini saatnya kamu membentuk tim produksi film kamu. 

Langkah-langkah membuat film pendek selanjutnya akan bersifat teknis dan sangat penting, lanjut baca agar kamu bisa memahami seluruh proses pembuatanya ya!

2. Cara Pengambilan Gambar

Pengambilan gambar merupakan poin penting dalam cara membuat film pendek. 

Hal-hal yang perlu kamu siapkan sebelum mengambil gambar diantaranya adalah kamera, tripod, lighting/pencahayaan, dan microphone untuk merekam suara.

Jika peralatan sudah siap, kini saatnya kamu menentukan teknik pengambilan gambar. Kamu bisa menggunakan teknik sederhana atau teknik seperti film ala Wes Anderson yang lebih menarik dan berkarakter. 

Untuk lebih detail, kamu bisa belajar membuat film pendek dengan 10 teknik pengambilan gambar disini.

Setelah menentukan teknik apa yang ingin kamu aplikasikan terhadap film pendekmu, kini saatnya kamu menentukan lokasi pembuatannya.

Kamu perlu selektif dalam pemilihan lokasi pembuatan film pendek agar film kamu memiliki daya tarik serta orisinalitas yang berpengaruh terhadap kualitas film pendekmu. 

Lokasi juga menjadi salah satu penunjang karakteristik dari film mu, contohnya film pendek bertema budaya, tentu saja kamu akan memilih tempat-tempat bersejarah di Indonesia. 

(Baca juga: 5 rekomendasi kamera digital terbaik untuk shooting)

See also  7 Cara Membuat Script Video Yang Baik

3. Tentukan Pemeran Film Pendek

Langkah-langkah membuat film pendek tergolong sederhana namun kamu perlu cermat dalam menentukan aspek penting lainnya seperti memilih peran.

Pilihlah peran yang sesuai dengan karakteristik dari tema film pendek kamu. Karena pemilihan peran yang tepat adalah kunci dari keberhasilan sebuah film pendek. 

Kamu perlu mengadakan sebuah casting atau audisi untuk memilih talent yang tepat. Buatlah spesifikasi terlebih dahulu, kemudian sebarkan form audisi di akun-akun media sosial kamu. 

Setelah kamu memilih siapa saja yang akan bermain di film pendek kamu, arahkan mereka untuk mendapatkan hasil yang maksimal di scene tersebut. 

Jangan lupa untuk mengarahkan bagaimana cara berbicara di depan kamera. Seperti artikulasi, intonasi, serta gaya bahasa yang harus sinkron antara tema film dengan karakter yang akan dibawakan. 
Kamu bisa meniru bagaimana cara membuat film pendek ala “Anak Lanang” yang bertemakan anak SD di Yogyakarta. Demi mensukseskan film tersebut, sutradara Wahyu Agung Prasetyo mencari talent anak-anak kecil yang lancar berbahasa Jawa.

4. Editing dan Post-Produksi

Prosesi cara membuat film pendek tidak akan sempurna tanpa teknik editing dan post produksi. 

Editing sangatlah penting dalam proses belajar membuat film pendek yang baik. Karena dengan adanya editing, film pendekmu akan terlihat lebih profesional.

Ditambah lagi saat proses pengambilan gambar pada umumnya ditemukan hal-hal yang tidak sesuai keinginan seperti suara audio yang bocor, scene yang tidak terekam, atau beberapa clip audio yang rusak.

Tidak hanya upaya untuk memperbaiki, namun teknik ediitng juga diperlukan untuk memberikan efek dramatis terhadap suatu film pendek.

A. Jenis Editing Dalam Perfimlan

Terdapat tiga jenis editing di dalam cara membuat film pendek yang baik, yaitu. 

  • Editing Kontiniti

Merupakan teknik edit yang menyambungkan antar clip yang memiliki kesinambungan. Dengan alur dan scene yang sama, namun pengambilan gambar ini bisa dilakukan dari beberapa angle yang berbeda. 

See also  6 Tips Menghasilkan Uang dari YouTube Shorts

Sehingga memberikan efek yang tidak membosankan atau monoton.

  • Editing Kompilasi

Merupakan teknik edit yang menyisipkan informasi tambahan atau informasi penunjang dari film pendek tersebut. Contohnya seperti ada ulasan berita, info sejarah, cuplikan laporan, dan sebagainya. 

Pada umumnya teknik edit ini di-implementasikan pada film-film pendek dokumenter. 

  • Editing Kompilasi & Kontiniti

Merupakan teknik edit yang menggabungkan antara kompilasi dengan Kontiniti. 

B. 5 Rekomendasi Software Editing

Pada intinya, editlah video secara kronologis yang sesuai dengan skrip. Untuk mendukung proses pengeditan, gunakan software editing video yang mudah digunakan dan diakses.

Berikut 5 rekomendasi software editing yang bisa kamu lakukan dalam cara membuat film pendek:

  1. Adobe Premiere Clip
  2. KineMaster
  3. VivaVideo
  4. iMovie 
  5. Filmora

Untuk hasil yang maksimal, sisipkan musik dan efek suara untuk membuat film menjadi menarik. Hal ini penting untuk meningkatkan pengalaman penonton yang ingin kamu capai.

Belajar membuat film pendek juga berarti mempelajari hal-hal lainnya, bahkan kamu perlu expolore lebih jauh mengenai software-software yang bisa membantu kamu. 

5. Penyebaran dan Publikasi

Akhirnya langkah-langkah membuat film pendek hampir selesai. 

Setelah film pendek kamu siap dan menjadi sebuah format video, hal yang paling penting adalah bagaimana cara untuk mempromosikan nya. 

Kamu perlu mencari video streaming platform atau Video on Demand (VOD) yang user friendly. Artinya memudahkan kamu dalam mengunggah video dan menyebarkannya. Seperti MocaasTV.

MocaasTV menawarkan tampilan yang simple dan mudah untuk digunakan oleh para film maker dalam pendistribusian film-film pendek nya. 

Selain mudah digunakan, dengan MocaasTV kamu bisa memonetisasi film-film kamu. 
Monetisasi adalah menjadikan film-film berkualitas kamu menjadi sebuah rupiah, dan sangat memungkinkan untuk menjadi side job atau passive income kamu sebagai film maker.

Mulai Buat Film Pendek Ala Kamu

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat film pendek, kamu pastinya sudah membayangkan akan mulai darimana. 

Langkah-langkah membuat film pendek yang telah MocaasTV rangkum merupakan landasan awal yang masih bisa kamu kembangkan. Yang penting, kamu ingin terus belajar untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Yuk mulai belajar membuat film pendek versi kamu juga.

More Reading

Post navigation

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *