seorang wanita sedang mengganti background foto secara online

6 Cara Mengganti Background Foto dengan Cepat & Praktis

Beberapa keperluan mengharuskan kita untuk mengganti background foto. Contohnya seperti ketika membuat CV, atau mendaftar di platform lowongan kerja.

Kini, mengganti background foto tidak lagi sulit untuk dilakukan meskipun kamu tidak memiliki keahlian dalam menggunakan software editing foto.

Hal ini karena banyaknya platform yang bisa kamu gunakan untuk ganti warna background foto secara online.

Persiapan Sebelum Mengganti Background Foto

Ada beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum mengganti background foto kamu, antara lain:

  • Memilih Foto yang Akan Diubah Background-nya
    Pastikan kamu memilih foto yang latar belakangnya ingin diubah. 
  • Memilih Background Baru yang Cocok
    Setelah itu, pilihlah background foto yang sesuai dengan tema atau keperluanmu. Jika keperluanmu adalah untuk hal yang bersifat formal, maka ganti warna background foto dengan warna biru atau merah.
  • Memastikan Kualitas Foto yang Baik
    Sebelum kamu ganti warna background foto, pastikan foto yang terpilih memiliki resolusi yang baik. Jika kamu akan mengunggah di platform media sosial, pilihlah foto dengan resolusi 72-96 dpi. 
  • Memilih Software atau Aplikasi yang Tepat
    Pilih software yang paling mudah digunakan. Jika kamu tidak memiliki keahlian khusus dalam menggunakan software editing foto, kamu bisa mencoba platform ganti background online.

Kamu perlu memilih device yang ingin kamu gunakan. Apakah smartphone? Ataukah laptop? 

Baik smartphone ataupun laptop, software ganti background online sudah dapat digunakan siapapun dengan sangat mudah dan cepat. 

Website untuk Mengganti Background Foto

Mocaas telah merangkum beberapa platform untuk mengganti background foto secara online berikut ini.

See also  Abadikan Momen Dengan Kamera Polaroid

1. Remove.bg

Remove.bg merupakan salah satu website untuk mengganti background foto online yang paling populer.

Situs untuk mengubah background foto online ini didesain untuk bisa digunakan oleh semua orang. Jadi, kamu tidak perlu mempunyai skill khusus untuk menggunakan Remove.bg, karena kamu bisa langsung menggunakannya.

Remove.bg memberikan kemudahan untuk penggunanya. Cukup mengunggah foto dengan klik “Select a Photo”, dan secara otomatis Remove.bg akan menghapus background. Setelah itu, warna background atau gambar dapat diganti dengan klik ikon Edit.

2. LunaPic

Situs mengganti background foto online yang bisa kamu gunakan selanjutnya adalah LunaPic, yang juga bisa digunakan untuk menambahkan berbagai efek.

Selain efek, LunaPic juga dilengkapi dengan berbagai fitur lainnya untuk mengganti background foto, seperti AI yang memisahkan background dengan foto dalam waktu yang singkat gunting untuk mengganti background foto secara manual dengan memotongnya.

Untuk mengganti background foto dengan LunaPic, kamu cukup dengan mengunggah foto dengan klik tombol “Unggah”. Lalu, klik “Alat Penghapus Latar Belakang” dan pilih metode penghapusan. Jika sudah, kamu bisa mengedit sebelum menyimpan foto tersebut.

3. PhotoScissors

Mengganti background foto juga bisa kamu lakukan dengan PhotoScissors, karena situ ganti background foto ini bisa digunakan oleh siapapun.

Background bisa dengan mudah dideteksi dan dihapus dengan waktu yang singkat dengan PhotoScissors. Selain itu, kamu bisa mengganti background foto dengan cara manual dengan bantuan tab tools yang ada.

Untuk mengganti background foto, klik tombol “Upload Image” untuk mengunggah foto di PhotoScissors.

Tunggu proses pengunggahannya, dan kamu sudah berhasil mengganti background foto. Setelah itu, kamu bisa mengunduh hasil fotonya.

Aplikasi Smartphone untuk Mengganti Background Foto

1. Canva

Kini, mengganti background foto juga bisa dilakukan dengan aplikasi Canva. Cara mengganti background foto di Canva tidaklah sulit.

See also  7 Cara Ampuh Mengatasi Creative Block bagi Pekerja Kreatif

Buka aplikasi Canva, ketuk tombol ‘Create a design’ dan unggah foto yang ingin diganti background-nya. Kemudian seret gambar ke kanvas kosong dan ketuk ‘Edit Image’ dan pilih ‘Adjust’ untuk langkah ganti background foto selanjutnya.

2. PicsArt

Selain untuk editing agar foto menjadi lebih menarik, PicsArt juga dilengkapi dengan fitur untuk mengganti background foto.

Untuk mengganti background foto, buat akun terlebih dahulu di PicsArt. Setelah itu, klik tombol ‘Add Photo’ untuk mengunggah foto. Ketuk ‘Cutout’ dan pilih ikon bergambar orang di bagian bawah untuk mengganti background fo

Kamu juga bisa mencoba berbagai fitur menarik dalam aplikasi untuk ganti background online ini seperti collages, rotate, frame, text effect, dan masih banyak lagi.

3. Snapseed

Untuk kamu yang pengguna Android, kamu bisa mengganti background foto dengan Snapseed.

Oleh karena itu, kamu bisa mengganti background foto dengan praktis tanpa harus membuka laptop atau PC terlebih dahulu. Didukung dengan fitur brightness, contrast, saturation, dan lainnya, menjadikan Snapseed juga bisa digunakan untuk mengedit foto.

Mengganti background foto di Snapseed itu mudah. Cukup dengan unggah foto dengan klik ‘+’. Setelah itu, ketuk ‘Tools’ dan pilih ‘Double Exposure’. Setelah itu, ketuk ‘Galeri’ dan pilih foto satu lagi.

Proses ganti background foto sangatlah mudah dan cepat. Dengan bantuan software yang user friendly, kini semua orang yang memiliki device dan terhubung ke jaringan internet dapat menggunakanya. 

Apakah kamu juga tertarik untuk mencoba rekomendasi software diatas? 

More Reading

Post navigation

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *