seorang wanita sedang bekerja di depan laptop dengan aplikasi bisnis online terbaik

8 Aplikasi Bisnis Online Terbaik di 2023

Terdapat 2.64 miliyar digital buyer yang menggunakan E-commerce sebagai platform jual-beli kebutuhan keseharian mereka. Angka tersebut mendorong para seller untuk memanfaatkan aplikasi bisnis online terbaik untuk menunjang bisnisnya.

Sebelum memilih aplikasi bisnis online, mari kita ketahui beberapa manfaat dari aplikasi bisnis online:

  1. Proses Pembelian yang Cepat
    Komunikasi antar penjual dan pembeli menjadi lebih cepat dengan aplikasi bisnis online. Kemudahan komunikasi akan terdorong konversi pembelian menjadi lebih cepat, sehingga penjual akan mendapatkan omzet lebih banyak
  1. E-Katalog yang Informatif
    Aplikasi bisnis online terbaik memungkinkan penjual untuk memasarkan produknya secara digital melalui katalog, gambar, atau video. Dengan begitu, pembeli akan merasa yakin akan barang yang ingin dibeli sehingga dapat meningkatkan consumers’ trust.
  1. Data Manajemen yang Mudah
    Membuat laporan penjualan atau membuat database pembeli merupakan hal yang sederhana namun memerlukan kerapihan dan kapasitas penyimpanan yang banyak.

    Dengan aplikasi bisnis online terbaik dengan user interface yang mudah, penjual tidak perlu kesulitan dalam menyimpan, mencari, dan mengakses data-data. 

Kriteria Memilih Aplikasi Bisnis Online Terbaik

Dalam memilih aplikasi terbaik untuk bisnis online kamu, kriteria-kriteria dibawah ini wajib untuk diketahui:

1. Kemudahan Penggunaan

Aplikasi yang baik adalah aplikasi yang mudah digunakan.

Pilihlah aplikasi bisnis online yang memiliki tampilan/interface yang sederhana dan mudah dimengerti. 

Pastikan juga aplikasi bisnis online tersebut mudah diakses via browser dan memungkinkan di-download dari berbagai OS: Android atau Apple. 

2. Fitur

Terlalu banyak fitur yang tidak fungsional akan membuat aplikasi bisnis online menjadi kurang efisien. Maka dari itu, pilihlah aplikasi bisnis online yang sesuai dengan kebutuhan.

Fitur-fitur aplikasi bisnis pada umumnya adalah seputar chat, message, email, storing file, create client database, E-catalogue,maps/location, dan social media link

3. Skalabilitas Aplikasi

Aplikasi bisnis online terbaik umumnya memiliki kemampuan skalabilitas yang transparan.

Dengan demikian, pengguna dapat melihat sebanyak apa data yang telah tersimpan atau seberapa lama penggunaan aplikasi tersebut. 

Sehingga pada saat pengguna ingin melakukan optimalisasi, dengan mudahnya aplikasi tersebut bisa ter upscale atau downscale (sesuai kebutuhan). 

See also  Ide Konten Youtube Langka 2023 : Konten Youtube Yang Belum ada di Indonesia

4. Keamanan Data

Pastikan aplikasi bisnis online yang dipilih memiliki level sekuritas yang tinggi. Hal ini merupakan langkah preventif dari pencurian data atau kehilangan data.

Fitur semacam data recovery atau backup data merupakan poin esensial yang perlu kamu pertimbangkan. 

5. Integrasi antar Platform

Integrasi antar platform dalam suatu aplikasi akan meningkatkan performa penjualan, karena secara otomatis proses bisnis kamu akan menjadi lebih efektif dan efisien dari sisi waktu maupun budget.

6. Dukungan Teknis

Pilihlah aplikasi bisnis online yang menyediakan dukungan teknis atau customer support yang responsif.

Sehingga, ketika kamu mendapati kesulitan pada saat menggunakan aplikasi bisnis online tersebut, provider akan mudah membantu kamu. 

Contoh dukungan teknis pada umumnya seperti call center, live chat, ticketing, dan user guide.

Rekomendasi Aplikasi Bisnis Online Terbaik

Jika kamu masih bingung dalam aplikasi bisnis online, berikut adalah rekomendasi delapan aplikasi bisnis online terbaik berdasarkan rekomendasi kami:

1. WhatsApp Business

logo whatsapp business, salah satu aplikasi penunjang bisnis online terbaik

Secara singkat, WhatsApp Business didefinisikan sebagai aplikasi chat yang dirancang khusus untuk penggunaan bisnis.

Dengan dilengkapi beberapa fitur penunjang, WhatsApp Business berhasil menjadi salah satu aplikasi bisnis online terbaik dan populer.

WhatsApp Business populer karena merupakan salah satu aplikasi bisnis online tanpa modal alias gratis.

Fitur-fitur WhatsApp Business:

  • Welcome Message: Fitur mengirimkan pesan selamat datang otomatis kepada pelanggan yang pertama kali menghubungi bisnis melalui WhatsApp.
  • Quick Replies: Fitur yang dapat diprogram untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan umum secara otomatis sehingga pesan kamu bisa dibaca lebih cepat oleh pelanggan.
  • Label: Penjual bisa mengorganisir atau membuat kategori terhadap tiap pelanggannya dengan fitur label. Ini membantu kamu dalam melacak pesan.

Selain itu, aplikasi bisnis ini juga bermitra dan terintegrasi dengan provider lainnya seperti Mekari, SIRCLO, Qontak, dan lainnya. 

Ini jadi bukti kalau WhatsApp Business digunakan untuk melayani pelanggan dengan lebih baik.

2. Google My Business

logo google my business juga salah satu aplikasi penunjang bisnis online terbaik

Aplikasi Google My Business dikenal sebagai aplikasi showcase bisnis yang memudahkan pelanggan dalam menjangkau dari sisi lokasi maupun biografi bisnis. 

Aplikasi bisnis online tanpa modal yang satu ini dapat terintegrasi dengan akun Google. Dilengkapi dengan fitur-fitur penunjang, Google My Business menjadi favorit bagi para pemilik bisnis.

Fitur-fitur Google My Business:

  • Profil Bisnis: Pemilik bisnis bisa membuat profil bisnis mereka seperti nama bisnis, alamat, nomor telepon, email, jam operasional, situs website, dan deskripsi bisnis. 
  • Review: Pelanggan bisa memberikan review kepada akun bisnis, hal ini dapat meningkatkan reputasi dan kepercayaan atas akun bisnis mu.
  • Postingan: Sebagai pemilik bisnis kamu bisa membuat sebuah postingan berita, penawaran, diskon, atau update lainnya sebagai metode marketing
See also  Content Creator : Definisi, Tugas, dan Rahasia Suksesnya

Dengan fitur-fitur yang bermanfaat, tidak heran jika Google My Business menjadi aplikasi bisnis online terbaik.

3. Trello

Trello muncul sebagai salah satu aplikasi yang mudah digunakan. Secara singkat, Trello adalah aplikasi manajemen proyek yang dapat mengelola tugas dan berkolaborasi antar tim.

Aplikasi ini memiliki kelebihan dari fitur-fitur serta user interface yang intuitif serta fleksibel untuk mengatur tugas, proyek, atau pekerjaan lainnya.

Fitur-fitur Trello:

  • Board: Pemilik bisnis bisa mengorganisir seluruh tugas atau strategi penjualanya dalam satu board (papan/tampilan). Dengan begitu tim akan lebih mudah dan cepat dalam mencari informasi yang diperlukan.
  • List: Fitur ini berfungsi untuk mengelompokan tugas berdasarkan status seperti: To do, in progress, done, delayed, dan lainnya. 
  • Card: Berfungsi untuk menambahkan detail informasi seperti tenggat waktu, lampiran, penugasan, pemberi tugas, dan lainnya.

Aplikasi bisnis online yang satu ini memungkinkan penggunanya untuk mengelola daftar tugas dan melacak progress pekerjaan dari berbagai divisi. 

Selain itu, Trello juga memiliki desain yang menarik sesuai dengan selera penggunanya dengan custom backgrounds and stickers.

4. Microsoft Planner

Mirip dengan Trello, Microsoft Planner adalah aplikasi manajemen tugas yang dirancang untuk membantu tim dalam mengelola tugas kesehariannya. 

Salah satu keunggulan dari aplikasi bisnis ini adalah bisa diakses melalui smartphone, sebagai pemilik bisnis, kemudahan dan efisiensi adalah hal esensial yang paling diperlukan.

Berikut beberapa fitur dari Microsoft Planner:

  • Daftar Checklist: Pemilik bisnis bisa menambahkan dan memonitor penugasan yang diberikan kepada masing-masing pekerjanya.
  • Komentar: Fitur ini memungkinkan anggota tim untuk saling berkolaborasi seperti membagikan file atau berkomunikasi antar sesama. 
  • Task: Pengguna bisa membuat penugasan dengan membuat judul tugas, deskripsi, tenggat waktu, dan penugasan kepada tim nya. 

Dengan Microsoft Planner kamu bisa mengatur penjadwalan dengan lebih mudah dan juga lebih efektif. 

5. Google Keep Notes

Google Keep Notes merupakan salah satu aplikasi bisnis online terbaik untuk melakukan pencatatan.

Kelebihan dari aplikasi bisnis online yang satu ini adalah bisa meminimalisir human error yang sering terjadi. Dengan Google Keep Notes, kamu bisa mencatat apapun secara cepat via smartphone kamu. 

Fitur-fitur Google Keep Notes:

  • Save Note: Pengguna bisa dengan cepat mencatat, menulis teks, menambahkan gambar, merekam suara, atau membuat daftar tugas.
  • Organization: Pengguna bisa mengatur catatan berbentuk kartu yang mudah dipindahkan dan diberi warna atau label. 
  • Synchronization: Aplikasi ini memiliki fitur canggih yang membuat smartphone kamu otomatis terhubung dengan aku Google. Sehingga data apapun yang tersimpan di berbagai perangkat bisa diakses dimanapun dan kapanpun. 
See also  Cara Membuat Rate Card Influencer untuk Pemula

Dengan fitur canggih dan membantu proses bisnis kamu, gunakan Google Keep Notes sekarang!

6. Google Workspace

Google Workspace merupakan layanan yang disediakan oleh Google untuk meningkatkan produktivitas dan kolaborasi bisnis. 

Keunggulan yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah kemudahan dalam integrasi data serta produktivitas tim yang efisien. 

Fitur-fitur Google Workspace:

  • Gmail: Fitur familiar yang hampir digunakan oleh seluruh masyarakat dunia, Gmail menyediakan alamat surel yang dapat di kustom sesuai dengan nama bisnis kamu untuk saling bertukar pesan.
  • Google Drive: Merupakan sebuah layanan penyimpanan/cloud storage yang berfungsi untuk menyimpan data serta membagikan data kepada siapapun dimanapun.
  • Google Docs, Sheets, Slides: Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat, mengedit, dan berbagi dokumen dalam bentuk teks, presentasi, ataupun perhitungan.

7. Mailchimp

Mailchimp bertugas sebagai platform email marketing serta kampanye email yang bisa disebar kepada pelanggan-pelanggannya. 

Keunggulan dari Mailchimp adalah menawarkan paket gratis yang memiliki fitur-fitur memadai. Seperti fitur-fitur berikut ini:

  • Desain Email: Memungkinkan pemilik bisnis nya untuk membuat email interaktif berisikan informasi teks, gambar, ataupun video.
  • Otomatisasi Pemasaran: Pemilik bisnis dapat mengirimkan email marketing otomatis secara sekaligus kepada seluruh pelanggan-pelanggannya. 
  • Analitik dan Pelacakan: Aplikasi ini memungkinkan pemilik bisnis untuk memahami dan mempelajari seberapa efektif kampanye atau iklan yang dibuat untuk pelanggan-pelanggannya.

Baca juga Cara Membuat Email Marketing yang Efektif untuk Bisnismu

8. HubSpot

HubSpot menyediakan platform pemasaran, penjualan, dan CRM (Customer Relationship Management) untuk membantu para pemilik bisnis. 

Kelebihan yang dimiliki oleh HubSpot adalah dari fitur CRM nya, karena tidak semua aplikasi bisnis online memiliki fitur tersebut. Berikut selengkapnya:

  • CRM: Menyediakan database untuk mengelola seluruh data-data penting seperti kontak pelanggan, riwayat transaksi, serta jumlah penjualan pelanggan. Dengan begitu pemilik bisnis dapat dengan mudah memonitor perkembangan usaha nya tersebut. 
  • Layanan Pelanggan: Membantu pemilik bisnis untuk menanggapi pelangganya dengan cara sistem tiket, live chat, feedback, serta pengaduan pelanggan. 
  • Pemasaran: Fitur ini dapat menarik pelanggan dengan cara pembuatan konten, otomatisasi pemasaran, analitik, dan optimisasi SEO. 

Baca juga Cara Optimasi Landing Page

Fitur yang ditawarkan oleh HubSpot dapat menjanjikan pemilik bisnis dalam mengelola pelanggan maupun reputasi bisnisnya. 

Dalam menjalankan bisnis, kamu bisa mengelola dan mengatur apapun dengan lebih mudah melalui aplikasi bisnis online. Jika tidak, kamu akan kewalahan dan akan semakin banyak human error yang terjadi.

Oleh karena itu, pilih aplikasi terbaik untuk mengatur bisnis onlinemu dari sekarang!

More Reading

Post navigation

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *