Mengenal Mocaas.tv: Platform Terbaik untuk Membangun Bisnis Konten Video Anda

Penggunaan Video on Demand atau VoD kini menjadi tren yang sangat digemari di Indonesia. Salah satunya adalah Youtube, layanan VoD paling populer di Indonesia.

Tidak hanya menyediakan tontonan, Youtube juga memberikan kesempatan bagi usernya untuk mengupload video dengan bebas dan mendapatkan penghasilan tambahan dari Youtube Adsense, walaupun ada berbagai syarat yang harus dipenuhi seperti minimal jumlah susbcriber dan jam tayang.

Sekarang, kamu bahkan bisa memiliki platform VoD seperti Youtube tanpa membutuhkan technical skill atau biaya yang besar dengan menggunakan mocaas. Kamu juga bisa memonetisasi kontenmu secara instant tanpa syarat minimal viewers atau subscriber. Yuk simak gimana caranya!

Cara Registrasi di Mocaas

  1. Lakukan pendaftaran akun melalui link berikut Mocaas.tv
  2. Isi data diri kamu dengan memasukkan nama lengkap, email dan password. Sebagai alternatif kamu juga dapat registrasi dengan menggunakan SSO (Single-Sign-On) melalui akun gmail milikmu.
  3. Jawab beberapa pertanyaan awal seperti: apa yang mendeskripsikan kamu, goals apa yang akan kamu capai dengan mendaftar mocaas dan beberapa pertanyaan lainnya.
  4. Isi data websitemu, tentukan nama domain website yang kamu inginkan.
  5. Pilih tema websitemu, tema ini dapat diganti sesuai kebutuhan kontenmu.
  6. Selesaikan onboarding dan launching website VoD-mu.
Cara mendaftar di mocaas.tv

Setelah masuk ke Dashboard Mocaas, Kamu bisa melakukan eksplorasi secara singkat berbagai fitur utama Mocaas, yaitu :

  • Access Website > agar langsung ke laman utama websitemu
  • Add Content > untuk upload video
  • Create Subscription Plan > tentukan nama dan harga dari kontenmu
  • Billing > Untuk mengetahui status paket akun Mocaasmu dan video storage yang tersisa
  • Your Audience > Untuk mengetahui detail data audiencemu
Eksplorasi singkat beberapa fitur utama Mocaas

Fitur Yang Wajib Kamu Ketahui

1. Content

  • Video : Kamu bisa mengupload, mengedit, menentukan thumbnail, mengisi deskripsi pada video dan menentukan apakah video yang telah diupload ingin ditampilkan pada website-mu atau tidak. Kamu juga bisa menentukan video yang diupload ingin dimonetisasi atau gratis.
  • Playlist : Kamu dapat monetisasi beberapa video yang telah di upload kemudian dijadikan bundle untuk dibeli secara bersamaan dalam satu harga (onetime payment) yang telah kamu tentukan.
  • Categories : Kamu dapat mengelompokkan beberapa video menjadi satu kategori yang sama dan memudahkan user dalam mengakses kontenmu.
Eksplorasi fitur dalam menu content

2. Live Stream

  • Stream Manager : Kamu bisa mengakses menu ini untuk memulai live stream, cara live stream bisa kamu cek pada video di bawah.
  • Stream History : Menu Stream History memungkinkanmu untuk menemukan dan menikmati kembali siaran langsung yang sudah dilakukan sebelumnya.
Mengeksplorasi menu Live Stream

3. Audience

Kamu bisa mengetahui audience yang telah berlangganan dengan akunmu atau sudah melihat video free pada laman websitemu.

4. Monetization

  • Subscription :  Kamu dapat membuat rencana berlangganan yang berisi koleksi video.
  • Earnings : dapat melacak dan mengelola pendapatanmu dari berbagai sumber.

5. Themes

Kamu bisa menentukan tema sesuai dengan konten yang kamu upload dan dapat selalu diganti jika dibutuhkan, tema ini akan menentukan tampilan thumbnail pada videomu.

a. Billing : Cek masa aktif berlangganan Mocaas dan sisa storage yang masih tersedia di menu Billing.

b. Analytics : Kamu bisa melakukan analisa terkait audience yang telah menonton kontenmu

c. Settings :

  • Account : Kamu bisa mengganti nama akun dan password akun Mocaas.
  • Website : Kamu bisa mengganti nama website, mengisi tagline, deskripsi meta, menentukan logo dan menentukan icon tampilan website.
  • Contact : Kamu dapat mengisi data pribadi mengenai email, nomor telepon, alamat dan sosial media yang akan kamu share dengan audience.
  • Monetization : Untuk dapat melakukan monetisasi terhadap video yang telah kamu upload, maka kamu harus mendaftarkan payment gateway yang sudah bekerjasama dengan Mocaas yaitu Xendit (Rp) dan Stripe (USD).
Menu settings dalam dashboard Mocaas

Dengan menyelesaikan step di atas, kamu sudah berhasil mendaftar dan memiliki platform VoD mu sendiri dengan Mocaas.tv. Eksplorasi kreativitas kamu bersama Mocaas!


Posted

in

by

Tags: