seorang wanita sedang membuat video podcast

Membuat Video Podcast Dengan Mudah Dalam 5 Langkah

Perbedaan Podcast dengan Video Podcast

ilustrasi 2 orang sedang membuat podcast

Podcast adalah versi modern dari radio. Karena pada dasarnya, podcast adalah sebuah konten berbasis audio yang bisa dinikmati oleh pendengarnya pada saat berpergian tanpa harus melihat ke layar gadget.

Namun, kini para kreator podcast mulai membuat video podcast. Video podcast adalah konten podcast dengan tambahan elemen video. Pada umumnya berupa gambar statik atau video antara host dengan narasumber.

Walaupun kreator memerlukan extra effort dibandingkan saat membuat podcast biasa, video podcast mendatangkan banyak manfaat bagi kreator. 

Manfaat Video Podcast

ilustrasi seorang wanita sedang membuat video podcast dengan merekamnya dari handphone

Menurut penelitian, mendapatkan paparan audiovisual akan lebih menarik dan mudah dimengerti dibandingkan audio saja.

Sebagai contoh yang terjadi pada seorang kreator bernama Andrea Raquelle. Andrea mencoba menyebar podcast berjudul “Hey Frase” tanpa video dan mendapatkan tidak lebih dari 10.000 unduhan. 

Namun, ketika Andrea menyebarkan video podcast dengan konten yang sama, dia mendapatkan 35.000 unduhan dalam waktu dua bulan saja. 

Faktanya, menambahkan unsur video pada setiap konten akan menambah ketertarikan dan jumlah pengunjung ke situs sosial media. 

Cara Membuat Video Podcast

alat alat yang dibutuhkan dalam membuat sebuah video podcast

Apakah kamu tertarik untuk membuat video podcast? Berikut 5 langkah cepat yang bisa kamu terapkan dalam membuatnya!

1. Memilih Topik Video Podcast

Sebelum membuat video podcast, kamu perlu menentukan topik apa yang ingin dibahas di dalam podcast yang akan dibuat.

See also  Cara Menggunakan ChatGPT untuk Optimalisasi Kontenmu

Pada dasarnya, dalam membuat video podcast, kamu bisa memilih topik apapun untuk podcast kamu, selama kamu bisa membawakan topik tersebut dengan menarik dan bahasa yang mudah dimengerti. 

Berikut rekomendasi topik yang bisa kamu adopsi: Cerita, komedi, gaya hidup, kesehatan, horor, berita, edukasi, bisnis dan teknolgi.

2. Persiapan Produksi

Langkah selanjutnya dalam proses pembuatan video podcast adalah dengan menyiapkan peralatan produksinya. 

Perlu diingat bahwa ini adalah produksi untuk membuat video podcast. Berarti kamu butuh peralatan produksi yang lebih dari podcast. Siapkan kamera, mikrofon, headphone, lampu, dan ruang studio.

Pikirkan juga bagaimana mengedit video podcastnya dengan maksimal. Jangan lupa untuk selalu menyiapkan software editing, karena ini termasuk dalam proses pembuatan video podcast.

Selain itu, buatlah script atau topik pembicaraan dalam bentuk daftar agar kamu bisa membuat video podcast berjalan dengan lebih lancar.

(Baca juga bagaimana cara memilih kamera yang tepat sesuai budget kamu disini.)

3. Produksi

Visual berperan sangat penting dalam video podcast. Kamu bisa membuat dalam bentuk yang berbeda-beda seperti:

A. Gambar Statik

Jika kamu belum memiliki perlengkapan untuk membuat video podcast yang lengkap, kamu bisa memulai dari hal yang paling sederhana. Yaitu menggunakan gambar atau foto-foto statik, tambahkan audio berupa dubbing. Dan selesai!

B. Latar Belakang Studio

Video podcast pada umumnya melakukan syuting di studio rekaman. Dengan susunan host dan narasumber duduk di kursi masing-masing lengkap dengan headset dan microphone nya.

C. Interview Jarak Jauh

Kamu punya narasumber dari negara yang berbeda? Buatlah tetap menarik dengan cara melakukan interview jarak jauh menggunakan software penunjang, kemudian lakukan screen recording. Sangat mudah bukan?

See also  Memanfaatkan Color Grading Dalam Pembuatan Video Cinematic

D. B-roll Recording

Metode ini biasa dilakukan ketika kreator membuat konten berupa berita, wawancara, atau movie. Namun, kreator perlu extra effort untuk melakukan proses syuting dan editing yang lebih advance dibandingkan metode-metode lainnya.

4. Publikasi

Ketika video podcast selesai diproduksi, buatlah publikasi yang baik untuk video podcast tersebut. 

Tambahkan intro dan outro untuk video podcast kamu. Lebih bagus lagi kalau kamu juga menambahkan efek dan musik agar video podcast lebih menarik.

Selain itu, siapkan juga metadata dan deskripsi video podcast yang akan diunggah. Hal ini penting agar audiens otomatis mengetahui tentang apa video podcast yang kamu buat.

Setelah proses produksi selesai, unggah video podcast ke platform yang tepat. Saat ini, tidak terhitung berapa banyak platform yang bisa kamu pilih untuk video podcast kamu: YouTube, Vimeo, MocaasTV. bahkan fitur di Instagram.

5. Promosi

Langkah terakhir dalam pembuatan video podcast adalah promosi. Buatlah orang tahu tentang keberadaan video podcast yang kamu buat dengan mempromosikannya melalui media sosial atau email.

Sama seperti platform video, ada begitu banyak media sosial yang bisa membantu kamu mempromosikan video podcast. Promosikan dan berinteraksilah dengan audiens kamu agar video podcast kamu memiliki banyak penonton.

Kamu juga bisa melakukan kolaborasi dengan kreator-kreator lainnya untuk memperbanyak relasi dan followers.

Yuk Buat Video Podcast Sekarang Juga!

Proses pembuatan video podcast itu sendiri sangat menyenangkan. Kamu bisa berbicara dengan banyak orang dan juga mendapatkan insight baru atau point of view yang berbeda setiap kali kamu membuat video podcast.  

Setelah membaca artikel ini, apakah kamu tertarik mendapatkan passive income dari hobi membuat video podcast? Yuk mulai dari sekarang!

See also  7 Trik Terbaik untuk Menciptakan Video Timelapse Langit