Asal-usul-Yoga-dan-Manfaat-Yoga-untuk-Kecantikan

Asal usul Yoga dan Manfaat Yoga untuk Kecantikan

Tanggal 21 Juni ditetapkan sebagai Hari Yoga Internasional. Salah satu cara memperingati hari penting ini adalah dengan mengingat atau mempelajari asal usul yoga.

Komunitas yoga dari berbagai negara bersatu dalam rangka menghargai warisan spiritual dan kesehatan yang didapatkan melalui yoga saat Hari Yoga Internasional berlangsung.

Dengan demikian, pecinta yoga bisa lebih menggali manfaat positif yang diperoleh dari asal-usul yoga dan mempromosikan perdamaian, kesejahteraan, dan keselarasan dalam hidup mereka.

Asal Usul Yoga

Yoga diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti “penyatuan”, yang bermakna “penyatuan dengan alam atau kepada Sang Pencipta”

Dari kemunculannya pertama kali hingga saat ini, yoga telah mengalami banyak perubahan, sehingga perkembangan yoga itu sendiri telah menjadi fenomena yang menarik perhatian dalam beberapa dekade terakhir.

Berdasarkan penelitian, asal-usul yoga pertama kali berasal dari India dan diperkirakan muncul antara 10.000 dan 5.000 SM.

Yoga mulai menyebar ke seluruh dunia pada abad ke-2 Masehi. Persebarannya sampai ke Barat pada akhir abad ke-19.

Di titik ini, minat terhadap yoga semakin tinggi, sehingga banyak bermunculan asosiasi dan komunitas yang terbentuk di banyak negara. Akhirnya, yoga populer dan modern di Barat pada tahun 1980-an.

Kapan Olahraga Yoga Mulai Masuk ke Indonesia?

Setelah berhasil di Barat, Yoga mulai menyebar ke negara-negara di lain, termasuk Indonesia.

Yoga muncul di Indonesia pada awal 1990-an. Kemunculan yoga disambut baik oleh masyarakat setempat. 

See also  7 Cara Menghasilkan Uang dari Podcast di 2023!

Dengan berbagai manfaatnya seperti mengurangi stres dan menjaga kebugaran tubuh, yoga digemari di Indonesia. Gerakan-gerakannya yang memberikan kelenturan pada tubuh dan meditasi yang menenangkan menjadikan yoga sebagai gaya hidup oleh masyarakat.

Dampaknya terjadi ketika memasuki 2000-an, ketika semakin banyak studio yoga yang menjamur di Indonesia dan semakin banyak orang yang menjadi instruktur yoga.

Berdasarkan asal usul yoga dan bagaimana cara yoga masuk ke Indonesia, ternyata manfaat yoga untuk kecantikan pun menjadi daya tarik masyarakat. 

Mari kita eksplor lebih jauh mengenai manfaat yoga untuk kecantikan!

Manfaat Yoga untuk Kecantikan

1. Memperbaiki Kulit

Kulit adalah aset dari setiap manusia, terutama bagi kalangan wanita.

Dengan bertambahnya umur, faktor makanan dan minuman, serta tingkat stres yang tinggi, kualitas dan kesehatan kulit dapat berkurang. 

Oleh karena itu, yoga hadir untuk memperbaiki kulit dengan cara latihan pernapasan.

Latihan pernapasan ini mengadopsi gerakan-gerakan tertentu yang membantu proses penghirupan oksigen menjadi lebih banyak. 

Dengan begitu, secara otomatis sel kulit akan mendapatkan nutrisi yang lebih banyak.

Maka jangan heran kalau kulit kamu akan terasa lebih kencang dan lentur setelah rutin berlatih yoga.

2. Wajah Lebih Cerah

Wajah cerah dan merona adalah salah satu manfaat yoga untuk kecantikan. 

Hal ini bisa kamu dapatkan dengan melakukan gerakan-gerakan yang melancarkan sirkulasi darah seperti fish pose, shoulder stand, atau triangle pose.

Dengan gerakan-gerakan tersebut, aliran darah dalam tubuhmu akan menjadi lebih lancar dari kaki sampai kepala.

Secara otomatis manfaat yoga untuk kecantikan satu ini digunakan oleh para wanita yang mengharapkan wajah cerah dan tubuh yang lebih sehat. 

3. Menyehatkan Rambut

Yoga terbukti melancarkan sirkulasi darah dan oksigen.

See also  2022’s Highest Paid Youtuber. Who was That Person?

Selain memberikan manfaat seperti membuat wajah lebih merona, gerakan-gerakan yoga juga memberikan manfaat kepada rambut.

Gerakan yoga seperti shoulder stand bisa mengalirkan darah sampai ke jantung dan kepala. Oleh karena itu, rambut bisa tumbuh dengan lebih sehat.

4. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Bercerita manfaat yoga untuk kecantikan, apakah yoga juga dapat bermanfaat bagi kesehatan? 

Faktanya, yoga juga dapat memperbaiki sistem pencernaan dengan gerakan deep hips opener. Gerakan ini dapat membantu menstimulasi organ yang ada di bagian perut.

Perkembangan Yoga oleh Konten Kreator Indonesia

Asal usul yoga memang telah ada sejak ribuan tahun lamanya. Akan tetapi manfaat-manfaat yang diwariskan sangat berdampak terhadap kehidupan modern saat ini.

Apalagi dengan adanya perkembangan teknologi membuat olahraga yoga dapat mudah diterima, diakses, dan dipelajari. 

Sehingga, para expertise yoga bisa menyalurkan dan membagikan tips-tips, gerakan-gerakan, ataupun asal usul yoga lewat akun sosial media mereka.
Salah satu expertise yoga yang populer di Indonesia adalah Fajar Penyogastar. Ia memiliki 257ribu pengikut di Instagram serta 305ribu subscriber YouTube.

Konten Yoga oleh Fajar Penyogastar

Terdapat beberapa gerakan yoga yang dibagikan Penyogastar melalui akun Instagramnya yaitu seperti:

  • Preparation Opening
    Gerakan ini adalah gerakan persiapan sebelum melakukan yoga secara penuh. Dengan melakukan preparation opening, tubuh akan menjadi lebih rileks, seimbang, dan menghangatkan otot-otot. 

    Preparation opening penting dilakukan agar praktisi yoga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti cedera kaki, lengan, atau kaki. 
  • Strengthening Pose
    Manfaat dari gerakan ini adalah untuk memperkuat tubuh pada saat mempraktekan gerakan yoga secara keseluruhan. Beberapa variasi gayanya seperti plank pose, four-limbed staff pose, atau warrior pose.

    Four-limbed staff pose atau disebut Chaturanga Dandasana adalah posisi menurunkan tubuh secara perlahan ke depan hingga siku berada di samping dada, gerakan ini pada umumnya dikenal sebagai plank. Gerakan ini membantu kamu untuk memperkuat bagian lengan, bahu dan inti tubuh (core). 
  • Deep Hips Opener
    Gerakan yoga satu ini dapat membantu membuka bagian panggul secara dalam, tujuanya adalah untuk meningkatkan fleksibilitas panggul dan meringankan ketegangan/kekakuan tubuh.

    Salah satu gerakan nya disebut pigeon pose atau Eka Pada Rajakapotasana. Dimulai dari posisi plank, kemudian meluruskan kaki kiri ke belakang dan berlawanan kaki kanan ke depan. 

    Pigeon Pose cukup populer di kalangan praktisi yoga karena banyak sekali orang-orang yang menderita ketegangan otot terutama di area panggul, terutama mereka yang terlalu banyak melakukan aktifitas di tempat duduk. 
See also  Cara Menggunakan ChatGPT untuk Optimalisasi Kontenmu

Selain membagikan iips, Penyogastar juga membuka kelas secara offline kepada siapapun yang ingin merasakan manfaat Yoga untuk kecantikan maupun kesehatan.

Apakah Kamu Salah Satu Praktisi Yoga?

Jika kamu salah satu praktisi yoga atau tertarik di bidang yoga, cobalah untuk membuat kelas Yoga online mu sendiri!

Kini, membuka kelas online bukan hal yang sulit. Dengan menggunakan platform MocaasTV, kamu sebagai praktisi yoga bisa membuat konten video seputar yoga untuk dimonetisasi.

Yuk mulai dengan MocaasTV!


Posted

in

by

Tags: