ilustrasi cara membuat tagline menarik

5 Cara Membuat Tagline Menarik untuk Brand Kamu

Seluruh brand berlomba-lomba untuk mencari cara membuat tagline yang menarik. Hal ini karena kualitas suatu produk atau jasa belum cukup untuk memikat konsumen tanpa adanya marketing seperti tagline atau slogan.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara membuat tagline menarikuntuk merepresentasikan brand kamu kepada khalayak luas.

Apa itu tagline?

contoh tagline yang mernarik dari brand nike

Tagline adalah suatu slogan yang menggambarkan identitas atau ciri khas brand.

Membuat tagline bertujuan untuk mengkomunikasikan hal-hal yang berkaitan dengan brand itu sendiri kepada konsumen.

Membuat tagline yang menarik mampu meningkatkan penjualan produk atau jasa. Dengan tagline, brand dapat lebih terhubung dengan pasar untuk menjadi solusi dari ermasalahan yang dihadapi oleh target konsumen.

Cara membuat tagline yang menarik

Informasi dalam tagline sangat menentukan keberhasilan suatu brand. Oleh karena itu, ada beberapa cara membuat tagline menarik yang dapat kamu lakukan

1. Memahami Makna dan Value Brand Kamu

Untuk membuat tagline, kamu harus betul-betul kenal dengan brand yang kamu kembangkan.

Kamu bisa mulai untuk mengenali brand kamu mulai dari identitasnya, value yang ditanamkan, keunggulannya, sampai dengan unique selling proposition (USP) dari brand yang kamu buat.

Dengan mengetahui semua hal yang disebutkan di atas, kamu bisa lebih mudah agar kamu tahu cara membuat tagline yang bisa lebih menonjol dibandingkan kompetitor.

See also  5 Tripod Kamera DSLR Terbaik Saat Ini

2. Menggunakan Bahasa yang Menarik dan Menggugah Perasaan

Setelah mengetahui value brand kamu, mulailah untuk membuat tagline.

Kamu dapat mulai dengan membuat slogan yang bisa membuat orang-orang terikat secara emosional. Gunakan kata-kata yang menarik dan unik, namun tetap mudah dipahami.

Jangan lupa untuk menyampaikan nilai tambah brand dan manfaatnya dengan bahasa yang kreatif.

3. Menyampaikan Pesan yang Konsisten dengan Identitas Brand

Tagline yang baik adalah slogan yang menggambarkan identitas brand.

Membuat tagline menarik akan sangat challenging karena kamu harus bisa mengkomunikasikan brand dengan kata-kata yang relatif singkat. Untuk itu, buatlah tagline yang bisa kamu gunakan secara berkala.

Hal ini penting dalam membuat tagline, karena kamu harus selalu bisa tetap konsisten dalam menyampaikan pesan dan memperkenalkan brand kamu dalam sebuah tagline.

4. Menggunakan Kreativitas dan Permainan Kata

Salah satu cara membuat tagline adalah dengan tidak membatasi kreativitas yang kamu miliki. Jika tidak, kamu hanya bisa membuat tagline yang tidak menarik dan pesannya tidak tersampaikan.

Untuk itu, gunakan permainan kata dalam membuat tagline. Selain membuat tagline menjadi lebih mudah diingat, tagline akan langsung bisa memberikan identitas kepada brand kamu.

5. Mendesain Tagline yang Mudah Diingat dan Dikenali

Seperti yang sudah dijelaskan di poin kedua, cara membuat tagline adalah dengan menggunakan kata-kata yang mudah diingat.

Gunakan setidaknya lima kata untuk membuat tagline yang efektif. Akan lebih bagus lagi kalau kamu bisa membuat tagline dengan menggunakan tidak lebih dari lima kata. Semakin singkat sebuah tagline akan semakin bagus.

Tagline yang kamu buat harus singkat, padat, dan jelas. 

Melakukan Uji Coba dan Refleksi

Setelah tagline selesai dibuat, coba uji tagline itu kepada target audiens kamu.

See also  Bagaimana Cara Mengaktifkan YouTube Membership

Pada akhirnya, menarik atau tidaknya sebuah tagline dinilai oleh konsumen kamu sendiri. Maka dari itu, gunakan tagline tersebut untuk mengujinya dan dapatkan feedback dari audiens kamu.

Jika hasilnya tidak seperti yang kamu harapkan, cari tahu apa yang harus diubah dan lakukan revisi, karena ini juga tidak lepas dari langkah-langkah cara membuat tagline.

Kesimpulan

Membuat tagline merupakan proses yang menyenangkan.

Setelah kamu tahu berbagai tips cara membuat tagline, kamu bisa membuat tagline dengan unik dan menarik. Selamat mencoba!

stay inspired with mocaasTV

More Reading

Post navigation

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *