Ilustrasi seorang wanita yang sudah menemukan cara membangun personal branding

5 Tips Membangun Personal Branding untuk Konten Kreator

Membangun Personal branding atau citra diri adalah sebuah usaha seseorang dalam membangun serta mengelola reputasi spesifik yang bertujuan untuk mudah dikenali oleh masyarakat.

Dengan membangun personal branding yang kuat dan konsisten, seorang konten kreator dapat memperlihatkan kemampuan dan karakterisik yang kredibel dan terpercaya. 

Sehingga, hal ini dapat menarik para audiens yang memiliki latar belakang yang relate atau mirip dengan konten kreatornya. Disinilah proses pembentukan fans/followers dimulai. 

Tujuan Membangun Personal Branding

penyo gastar, deddy corbuzier dan tasyi athasyia adalah 3 orang kreator yang sukses dalam membangun personal branding mereka

Pembentukan fans/followers bukan sekedar untuk meningkatkan jumlah followers di akun media sosial, namun secara makro, tujuan utama dari membangun personal branding adalah untuk kebutuhan marketing. 

Pasalnya, konten kreator ternama seperti Penyogastar dengan citra diri sebagai seorang praktisi yoga, Dedy Corbuzier sebagai fitness influencer, atau Tasyi Athasiya sebagai seorang queen of home cooking bisa meraup banyak sekali keuntungan dari pembuatan konten-kontennya. 

Pada akhirnya, promosi yang dilakukan oleh seorang konten kreator dengan citra diri yang kuat dan bertalenta sangat berkesempatan untuk mendapatkan passive income/tambahan uang dari akun media sosial nya. 
Setelah mengetahui tujuan dan manfaat dari membangun personal branding bagi seorang konten kreator, kini saatnya kamu mempelajari bagaimana cara memulainya.

Tips Membangun Personal Branding

Membangun personal branding tidaklah instan, kamu tetap membutuhkan proses dan usaha yang maksimal. Berikut tips-tips yang bisa kamu ikuti.

1. Menemukan Identitas Diri yang Unik

Sebelum membangun citra diri, hal yang harus kamu lakukan pertama kali adalah mengenali dirimu sendiri. 

See also  Gaji Content Creator YouTube : Penghasilan Besar Dari Youtube

Dengan mengenal diri, kamu bisa mengetahui minat bakat serta keahlian yang bisa kamu tingkatkan dan pada akhirnya dijadikan sebuah personal branding

Setelah menentukan identitas diri yang tepat, menciptakan diferensiasi merupakah hal yang paling penting. Hal ini dibutuhkan untuk membangun personal branding yang lebih unggul dan kuat dibandingkan kreator serupa lainnya.

Contoh Identitas Diri yang Unik

Contohnya yang dilakukan oleh konten kreator tanah air, Nessie Judge. Dalam akun media sosial nya, ia membangun citra diri sebagai pencinta horor dan misteri. 

Akan tetapi perbedaan antara Nesssie dengan kreator lainnya adalah pada saat ia membawakan kontennya dengan cara menggiring opini, mengajak berfikir kritis, serta menjelaskan hal-hal detail yang tidak dilakukan oleh kreator misteri lainnya. 

Dengan begitu, Nessie Judge sukses  membangun personal branding sebagai konten kreator misteri cerdas dan kritis dengan 10 juta subscriber di akun YouTube nya. 

2. Membuat Value Proposition yang Menarik

Setelah menemukan keunikan yang kamu miliki, hal tersebutlah yang akan menjadi sebuah value proposition

Definisi singkat dari Value proposition adalah nilai dari seseorang atau suatu benda dimata orang lain atau kompetitor lain. Itu mengapa aspek ini sangat penting dimiliki oleh seorang konten kreator. 

Dengan value proposition yang tinggi, citra diri kamu akan lebih mudah dikenal oleh masyarakat baik dari keunggulan atau kemampuan yang kamu miliki dibandingkan dengan kreator lainnya.

Contoh Value Proposition yang Menarik

Kamu bisa mempelajari bagaimana cara membangun value proposition ala kreator Ria SW.  Ria merupakan seorang food Vlogger dengan konten kuliner seperti mencoba, mengulas, dan merekomendasikan makanan-makanan unik.

Namun, perbedaan Ria dengan food Vlogger Indonesia lainnya adalah ia memiliki niche atau spesifikasi makanan-makanan yang akan diulas, yakni makanan pedas, street food, dan asian food: Korea, Thailand, China, dsb. 

See also  Best monetization platforms for content creators

Sehingga, Ria dikatakan berhasil dalam membangun citra diri sebagai food Vlogger makanan pedas dan street food di Indonesia. 

Ditambah lagi, ulasan jujur yang dilakukan oleh Ria tampak sangat natural sehingga audiens sangat menggemari konten-konten kulinernya.

3. Membangun Reputasi Digital yang Kuat

Di era digital saat ini, cara untuk membangun citra diri akan lebih mudah dan cepat. 

Antara lain menggunakan media online atau sosial media. Kamu bisa memaksimalkan cangkupan target audiens untuk mempromosikan diri dan membangun personal branding yang kuat. 

Cara untuk mengoptimalkan profile online tergolong mudah, apalagi kamu sudah menemukan citra diri yang unik dan value preposition yang menarik. Yang pertama adalah pilih platform online yang cocok dengan citra dirimu.

Jika kamu ingin terlihat personal, kamu bisa mulai membangun website pribadi (blog), membuat akun Instagram atau akun TikTok. Disanalah kamu bisa berbagi konten yang lebih personal dengan fitur-fitur yang menarik.

Namun, apabila kamu ingin terlihat profesional, kamu bisa membuat akun Linkedin, Google Business, atau akun Facebook. 

Setelah memilih platform, saatnya kamu mengisi nama, deskripsi, bio, dan identitas lainnya yang bertujuan membuat citra diri kamu lebih jelas lagi. Jangan lupa optimalkan dengan keyword-keyword relevan agar audiens mudah menemukan akun kamu.

4. Mengembangkan Jaringan dan Kolaborasi dengan Konten Kreator Lain

Berkolaborasi merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk membangun personal branding.

Dengan jaringan yang luas, kamu akan semakin mudah untuk masuk di segmen yang beragam dan mendapatkan audiens yang luas pula. Semakin banyak audiens, maka akun kamu akan semakin berkembang dan terkenal. 

Banyak sekali event-event menarik untuk para konten kreator di Indonesia, seperti:

A. InspiraFest

Event ini dibuat oleh konten kreator terkenal, Merry Riana. Pasalnya, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menampilkan mentor-mentor dari berbagai bidang di Indonesia untuk saling memberikan inspirasi kepada masyarakat.

See also  5 Platform Monetisasi Video Terbaik di 2023

Tidak hanya itu, di InspiraFest tahun 2021, acara ini mengangkat tema mengenai “Creator Economy” dimana membahas bagaimana cara konten kreator menghasilkan pendapatan dengan cara yang lebih kreatif. 

B. #NgeShortsBareng

Acara #NgeShortsBareng yang masih berlangsung sampai bulan Juli 2023 ini bertujuan untuk mengundang puluhan top kreator Indonesia seperti Sonia Basil, Jerhemy Owen, Irfan Ghafur dan lainnya untuk membagikan tips-tips menjadi konten kreator sukses. 

Hal-hal yang dibagikan adalah bagaimana cara memaksimalkan konten multiformat, rahasia sukses membangun komunitas, mempelajari membaca algoritma, serta bagaimana menafaatkan fitur shorts di platform YouTube.

C. Indonesian Esports Awards 2022

Acara ini merupakan ajang untuk para gammers atau pegiat game di Esports Indonesia. Para nominasi dipilih melalui online dan diumumkan pada sebuah acara yang cukup megah. 

Dimenangkan oleh Windah Basudara, acara ini juga diramaikan oleh nominasi-nominasi seperti Jonathan Liandi, Dyland Pros, Frost Diamond, dan Brandon Kent. Walau bertajuk hiburan, namun acara ini bisa kamu manfaatkan untuk memperluas relasi. 

Mana lagi, tidak hanya kreator game namun kreator sampai artis terkenal pun hadir meramaikan acara tersebut. 

Kolaborasi dengan Kreator Lain

Setelah kamu memiliki cukup banyak relasi dan komunitas, kini saatnya kamu memanfaatkan hal tersebut untuk mengembangkan konten-kontenmu. 

Kamu bisa melakukan aktivitias kolaborasi seperti:

  • Melakukan QnA dalam bentuk podcast
  • Memanfaatkan fitur live streaming untuk buat konten bareng
  • Melakukan kegiatan sesuai niche masing-masing seperti mukbang (food Vlogger), penelusuran (horor Vlogger), atau review barang-barang (unboxing)

5. Mengelola Reputasi dan Menghadapi Tantangan

Terakhir, setelah kamu sukses membangun komunitas, citra diri, keunikan diri, dan lainnya. Kamu akan menghadapi sebuah tantangan yaitu mempertahankan dan mengelola reputasi. 

Sebagai kreator, kamu akan menerima kritik atau komentar dalam bentuk yang positif ataupun negatif. Oleh karena itu, kamu harus memiliki sifat yang bijak, pikiran yang luas dan terbuka, juga pengendalian diri akan peristiwa yang tidak menyenangkan. 

Baik secara online maupun offline, konten kreator yang baik memiliki kemampuan untuk mengendalikan personal branding dan reputasi mereka. 

Kesimpulan

Setiap orang berkesempatan untuk membangun personal branding yang kuat, karena setiap diri seseorang memiliki keunikan yang berbeda dengan orang lain.

Dengan tips-tips yang telah kamu baca, kini saatnya kamu mengembangkan diri dan terus mengasah kemampuan kamu untuk menciptakan citra diri yang lebih baik lagi. 

More Reading

Post navigation

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *