seorang sport influencer sedang merekam dirinya di kamera

Cara Mendapat Penghasilan Sebagai Influencer Olahraga

Sejak penggunaan sosial media meningkat, para influencer olahraga kini satu persatu mulai menjadi populer. 

Sebut saja Deddy Corbuzier, Jennifer Bachdim, Yulia Baltschun, Dr. Tirta, dan masih banyak lagi. Mereka adalah para influencer olahraga di Indonesia yang sangat terkenal.

Dengan pengalaman dan pengetahuan yang mereka miliki, mereka bisa memberikan tips-tips yang dibutuhkan oleh audiens. Bahkan hal tersebut menjadi sumber penghasilan bagi mereka.

Jika kamu salah satu olahraga enthusiast yang ingin mendapatkan penghasilan, apakah kamu juga tertarik menjadi seorang influencer olahraga Indonesia juga?

Artikel ini akan memberikan kamu inspirasi dan tips bagaimana mendapatkan penghasilan versi influencer olahraga indonesia. 

1. Membangun Brand Personal

Sebagai seorang influencer, membangun brand personal adalah hal yang penting. Dengan memilki branding yang bagus, maka secara otomatis menumbuhkan kepercayaan publik dan engagement dari para audiens. 

Bagaimana cara membangun brand personal?

Kamu perlu memilih niche yang spesifik untuk mempercepat engangement dengan para audiens. Contoh seorang influencer olahraga yang memilih niche spesifik dan banyak penggemar adalah Yulia Balstchun.

Influencer olahraga indonesia satu ini memilih olahraga gymnastic sebagai niche nya. Yulia memberikan tips dan tricks tata cara olahraga yoga dan kardio bagi orang-orang yang ingin mengurangi berat badan.

Ditambah lagi, hidup sehat Yulia yang mengkonsumsi makanan dan minuman sehat kerap menjadi panutan bagi para audiens nya. 

See also  5 Cara Membuat Tagline Menarik untuk Brand Kamu

Saat ini, Yulia memiliki 2.83M subscriber di YouTube dan 863K followers di instagram. 

2. Menghasilkan Konten Berkualitas

Menjadi seorang influencer olahraga tidak cukup bermodalkan kemampuan olahraga nya saja. Melainkan diperlukan kreatifitas dalam mengemas dan menyajikan konten-konten nya.

Salah satu contoh konten menarik dari Yulia Baltschun mengenai mitos berat badan naik drastis dalam satu hari. Menurut Yulia, kenaikan berat badan dalam satu hari sangatlah wajar, dan tidak seharusnya audiens panik akan hal tersebut.

Dalam video instagramnya, Yulia menjelaskan dengan detail bagaimana hal itu terjadi serta perhitungan-perhitungan kalori yang dibutuhkan oleh para audiens nya. 

Cara pembuatan konten dan penyampaian dari Yulia berhasil menginspirasi para audiens dan mendatangkan banyak komentar di halaman sosial medianya. 

Apakah kamu juga ingin membuat konten menarik seperti Yulia?

3. Meningkatkan Jangakuan dan Pertumbuhan Audiens

Setelah membuat konten yang berkualitas, sebagai influencer olahraga kamu juga harus memperhatikan jangkauan konten kamu.

Jika kamu aktif membuat konten di Instagram atau twitter, gunakanlah hashtag/tagar yang relevan disetiap kontenmu. Cari tau hashtag populer yang biasa dicari oleh target audiensmu untuk meluaskan jangkauan. 

Contohnya #dietsehat, #olahragadirumah, #bakarlemak, dan lainnya. 

Namun, jika kamu pengguna YouTube, datanglah ke event-event olahraga dan membuat konten bersama. Dengan cara ini, selain berinteraksi secara online, kamu juga bisa membangun relasi dengan para influencer lainnya. 

Intinya, apapun platform media sosial yang kamu gunakan untuk menjadi seorang influencer olahraga di Indonesia, kamu perlu mempelajari mengenai trend, analytics, dan target audiens yang ingin kamu capai.

4. Berkolaborasi dengan Merk dan Mendapatkan Sponsorship

Sebagai seorang influencer olahraga di indonesia, kamu bisa mendapatkan perlengkapan olahraga secara cuma-cuma dengan cara sponsorship. Bagaimana caranya? Berikut cara mudah yang bisa kamu ikuti.

See also  5 Jenis Angle Kamera dalam Fotografi

Pilih brand sponsor sesuai niche

Jika kamu seorang influencer yoga, kamu bisa mencari brand yang menjual keperluan penunjang olahraga yoga seperti karpet, bola karet, dan baju khusus yoga. 

Dan hindari memilih dua brand dalam satu konten, karena hal itu merupakan persaingan dan kamu akan dianggap kurang menghargai brand-brand yang telah memilih kamu.

Buat proposal secara profesional

Saat kamu ingin mengajukan kerjasama, kamu perlu membuat surat kerjasama, menunjukan portfolio dan engagement rate kamu.

Dengan begitu, brand-brand tersebut akan meilhat kamu sebagai influencer olahraga indonesia yang potensial.

5. Diversifikasi Sumber Penghasilan

Dari keempat tips diatas, tips kelima akan memberikan kamu pencerahan bagaimana cara mendapatkan penghasilan tambahan menjadi seorang influencer olahraga indonesia. 

Sumber penghasilan kamu tidak hanya dari konten-konten yang kamu buat, melainkan dari iklan, afiliasi, penjualan produk, endorsement, dan layanan konsultasi pribadi.

Afiliasi

Influencer olahraga bisa mendapatkan uang melalui cara afiliasi. Bentuk kerjasama ini adalah antara individu dengan perusahaan. 

Contohnya Dedy Corbuzier selalu memakai baju olahraga bermerk A. Kemudian Dedy melakukan promosi di salah satu konten nya dengan mencantumkan link pembelian. Ketika produk tersebut terjual, maka brand A akan membagi hasilnya dengan Dedy.

Endorsement

Endorsement merupakan bentuk kerjasama yang menguntungkan bagi influencer olahraga. Dimana influencer bisa menukar pembuatan konten dengan sebuah barang tertentu secara gratis.

Layanan konsultasi pribadi

Seperti hal nya personal trainer di sebuah gymnastic. Para influencer olahraga bisa membuat konsultasi berbayar dengan platform media sosial seperti YouTube dan MocaasTV

Dengan fitur monetisasi yang ditawarkan oleh platform tersebut, influencer olahraga di Indonesia bisa dengan mudah mendapatkan uang dari konten-konten nya. 

Siapapun Bisa Jadi Influencer Olahraga Indonesia

Jika kamu memiliki minat bakat di bidang olahraga dan ingin menjadikan hal itu sumber penghasilan kamu. Maka, hal yang bisa kamu lakukan adalah terus mengembangkan diri dan belajar membuat konten.

See also  Content creators at start-ups are vulnerable to layoffs, myth or fact?

 Kamu bisa mulai dari hal sederhana, seperti memilih platform sosial media yang ingin digunakan, peralatan vlog yang sesuai budget, dan pastinya menentukan niche yang konsisten. 

Baca juga artikel mengenai trik mendapatkan passive income dari hobi. Mungkin saja kamu tertarik menggeluti bidang lain selain olahraga? Klik disini.

More Reading

Post navigation