5 Rate Card Influencer Termahal di Dunia

Rate card influencer adalah dokumen yang berisi informasi tentang biaya yang dikenakan influencer untuk berbagai layanan, seperti posting di media sosial, pembuatan konten, dan acara offline.

Dengan rate card dari influencer, brand dapat mengetahui secara pasti berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk menggunakan jasa influencer tersebut.

Baca juga : Cara Membuat Rate Card Influencer untuk Pemula

Mengapa Rate Card Influencer Bervariasi

Rate Card influencer memiliki harga yang berbeda-beda. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi mengapa rate card influencer dipasang tarif dengan jumlah tertentu, seperti:

1. Jumlah Pengikut dan Engagement

Followers menjadi hal yang paling dilihat oleh brand untuk menggunakan jasa seorang influencer.

Alasannya adalah tidak lain karena semakin banyak jumlah pengikut yang dimiliki oleh influencer, maka akan semakin besar peluangnya untuk brand tersebut memasarkan produk atau jasa.

Tentu saja hal ini sangat berpengaruh kepada Rate Card seorang influencer. Jika mereka mempunyai jumlah pengikut yang sangat banyak, itu akan menambah nilai jual pada Rate Card Influencer tersebut.

Baca juga : 7 Cara Meningkatkan Social Media Engagement

2. Niche atau Industri

Industri dan niche juga mempengaruhi Rate Card. Untuk itu, influencer bisa memilih niche mereka sendiri dan mulai menawarkan jasanya kepada brand-brand yang berkecimpung di industri itu.

Harus diingat, tidak semua industri mempunyai rate harga yang sama. Jadi, ini pastinya akan berpengaruh kepada Rate Card.

See also  Strategi Keberhasilan Bisnis Melalui TikTok

3. Tingkat Interaksi dengan Audiens

Menggunakan jasa influencer untuk memasarkan produk atau jasa di media sosial berarti mendapatkan engagement rate yang fantastis, baik jumlah likes, comment, maupun share.

Ini bisa didapatkan hanya jika influencer bisa menjamin engagement rate yang tinggi. Dengan ini, influencer bisa mematok harga yang tinggi di rate card mereka dan meraup keuntungan.

4. Kualitas Konten yang Disajikan

Rate card bisa bernilai tinggi jika brand yang menggunakan jasa mereka juga mendapatkan layanan yang sesuai dengan rate yang dipasang. Hal ini berlaku pada konten yang akan diproduksi oleh influencer.

Makin berkualitas konten yang dibuat dan dipost di akun media sosial mereka, influencer juga punya nilai yang lebih tinggi untuk diberikan di rate card. Maka dari itu, influencer tidak bisa membuat konten yang seadanya. Jika tidak, ini akan berpengaruh kepada rate card si influencer

Rate Card Termahal di Dunia

Berikut adalah daftar 5 influencer dengan Rate Card termahal di dunia:

1. Cristiano Ronaldo (@cristiano)

cristiano ronaldo, peringkat pertama dari daftar pemilik rate card termahal di dunia

image source : instagram @cristiano

Siapa yang tidak mengenal Cristiano Ronaldo? Sebagai pemain sepakbola, Ronaldo juga membuka jasa influencer di akun Instagram-nya. Tidak mengherankan, mengingat Ronaldo memiliki followers Instagram terbanyak di dunia saat ini, yaitu 599 juta pengikut.

Selain menjadi salah satu sepakbola terbaik yang pernah ada, kerja kerasnya juga membawa dia menjadi influencer dengan endorse termahal di dunia, dengan rate per post sebesar US$2,3 juta (Rp33 miliar). 

2. Kylie Jenner (@kyliejenner)

Kylie Jenner, peringkat kedua pemilik rate card termahal di dunia

image source : Instagram @kyliejenner

Kylie Jenner menempati kedua di dalam daftar ini. Dikenal sebagai salah satu selebriti terkenal, Kylie juga mempunyai pengaruh besar di industri kecantikan dengan brand-nya, Kylie Cosmetics.

See also  7 Cara Meningkatkan Social Media Engagement

Jumlah pengikut Instagram-nya tidak main-main, yaitu 398 juta pengikut. Wajar saja jika dia memiliki rate card yang sangat mahal, dengan rate per post sebesar US$1,8 juta (Rp27 miliar).

3. Lionel Messi (@leomessi)

image source : Instagram @leomessi

Legenda hidup sepakbola. Banyak yang menganggap Messi telah menamatkan sepakbola ketika dia berhasil meraih trofi Piala Dunia pada tahun 2022 dengan timnas Argentina, negara asalnya.

Kendati begitu, dia juga menjadi endorser untuk berbagai brand dan memiliki 482 juta pengikut di Instagram. Maka, sudah sewajarnya jika rate card Messi memiliki tarif yang sangat fantastis, dengan rate per cost sebesar US$1,77 juta (Rp26,1 miliar).

4. Selena Gomez (@selenagomez)

image source : Instagram @selenagomez

Setiap orang pasti pernah setidaknya mendengar satu lagu dari Selena Gomez, entah itu “Who Says”, “Love You Like a Love Song”, atau “Come and Get It”. Dia juga semakin terkenal ketika mengencani Justin Bieber.

Tidak heran jika Selena Gomez memiliki fanbase yang sangat besar dan loyal di seluruh dunia. Oleh karena itu, rate cardnya memiliki rate per cost sebesar US$1,73 miliar (Rp25,5 miliar).

5. Dwayne “The Rock” Johnson (@therock)

image source : Instagram @therock

Memulai karirnya sebagai pegulat profesional di WWF, The Rock kemudian banting setir karir menjadi seorang aktor Hollywood dan semakin terkenal dengan terlibat di film franchise Fast and Furious.

Dia berhasil mengantarkan film yang dibintanginya ke jajaran film box office. Hal ini akhirnya berpengaruh pada rate card-nya, dengan rate per cost sebesar US$1,71 juta (Rp25,2 miliar).

Kesimpulan

Jika disimpulkan dan diurutkan, berikut daftar Rate Card artis sekaligus influencer termahal di dunia versi McocaasTV:

  1. Cristiano Ronaldo: US$2,3 juta (Rp33 miliar). 
  2. Kylie Jenner: US$1,8 juta (Rp27 miliar).
  3. Lionel Messi: US$1,77 juta (Rp26,1 miliar).
  4. Selena Gomez: US$1,73 miliar (Rp25,5 miliar).
  5. Dwayne Johnson: US$1,71 juta (Rp25,2 miliar).
See also  4 Tools Social Media Manager Gratis untuk Pemula

Apakah kamu salah satu orang yang mengikuti mereka di Instagram? 

More Reading

Post navigation

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *