ilustrasi persiapan sebagai seorang travel influencer

7 Keuntungan Menjadi Travel Influencer

Travel influencer adalah seseorang yang menggunakan platform media sosial untuk berbagi pengalaman wisata melalui konten menarik, seperti foto, video, ulasan, dan tips perjalanan.

Travel influencer dapat memberi pengaruh yang besar pada industri pariwisata. Hal ini karena travel influencer dapat mempromosikan destinasi yang kurang dikenal, memberikan inspirasi perjalanan kepada orang lain, dan memberikan saran atau rekomendasi tentang akomodasi, restoran, atau aktivitas wisata.

Keuntungan Menjadi Travel Influencer

2 orang travel influencer sedang berdiskusi tentang destinasi yang akan mereka tuju

Menjadi seorang travel influencer dapat membawa keuntungan yang lebih dari ekspektasimu. Berikut adalah tujuh keuntungan yang dapat kamu peroleh jika menjadi seorang travel influencer:

1. Mengunjungi Destinasi Menakjubkan

Sebagai travel influencer di Indonesia, kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi destinasi wisata dengan cuma-cuma atau dengan biaya yang sangat minim.

Hal ini karena popularitas dan jumlah pengikutmu yang besar dapat mendatangkan pengunjung dan membuat produk dari brand-brand tertentu laku terjual. Dengan hanya posting di akun media sosial, kamu berhak mendapatkan fasilitas gratis seperti akomodasi, tempat tinggal, dan bahkan konsumsi.

2. Mendapatkan Lebih Banyak Penghasilan

Sebagai travel influencer, kamu memiliki potensi untuk mendapatkan penghasilan yang besar. Ada beberapa sumber penghasilan yang dapat kamu eksplorasi, antara lain:

  • Kerja Sama dengan Brand
    Semakin terkenal kamu sebagai travel influencer, semakin banyak brand yang tertarik untuk mensponsori dan melakukan endorsement melalui kerja sama yang saling menguntungkan.

    Kamu akan mendapatkan bayaran sesuai dengan kontrak yang disepakati. Banyak brand lokal di Indonesia telah menjalin kerja sama dengan travel influencer yang ada.
  • Program Afiliasi dan Passive Income
    Setiap influencer, termasuk travel influencer, memiliki kesempatan untuk mengikuti program afiliasi. Dengan program ini, kamu dapat memperoleh penghasilan pasif melalui konten yang menghasilkan pendapatan dari program afiliasi secara berkelanjutan.
  • Menjadi Tour Guide
    Jika kamu memiliki keterampilan sebagai tour guide, kamu juga berpotensi menjadi seorang travel influencer di Indonesia.

    Agen travel akan lebih memilih travel influencer untuk membantu melayani pengunjung yang sedang berwisata. Dengan demikian, menjadi travel influencer dapat memberikan keuntungan finansial.
See also  Cara Membuat Email Marketing yang Efektif untuk Bisnismu

3. Menginspirasi dan Mempengaruhi Orang Lain

Seiring dengan peningkatan popularitasmu sebagai travel influencer, kamu memiliki kesempatan untuk menginspirasi orang-orang dengan konten-kontenmu.

Pengalaman perjalananmu dapat memotivasi dan mempengaruhi orang lain untuk menjelajahi tempat baru. Selain itu, kamu juga akan menerima undangan sebagai narasumber atau pembicara dalam seminar atau webinar yang ingin mendengar pengalaman travellingmu.

4. Memperluas Jaringan dan Kolaborasi

Sebagai seorang travel influencer, kamu dapat memperluas jaringan dan menjalin kolaborasi dengan influencer lainnya, termasuk sesama travel influencer.

Melalui konten-konten yang kamu buat, kamu dapat berkolaborasi dengan sesama travel influencer untuk saling menguntungkan. Kamu juga bisa bertukar pengalaman dan belajar dari orang-orang yang berada dalam industri yang sama.

5. Mendapatkan Akses Eksklusif

Menjadi travel influencer memberikan kamu akses eksklusif ke berbagai produk dan layanan perjalanan.

Kamu dapat mendapatkan produk khusus, menjadi yang pertama mendapatkan suatu produk, mendapatkan layanan perjalanan yang spesial, undangan ke acara-acara khusus, pengalaman VIP, dan fasilitas mewah lainnya secara gratis.

6. Menjalin Koneksi dengan Pihak Destinasi dan Industri Pariwisata

Ketika kamu menjadi travel influencer, kamu memiliki kesempatan untuk menjalin hubungan dengan orang-orang di industri pariwisata. Kamu dapat berkenalan dengan pihak destinasi, hotel, maskapai penerbangan, dan perusahaan pariwisata lainnya.

Koneksi-koneksi ini dapat memberikan manfaat dan peluang kerja sama jangka panjang yang menguntungkan kamu sebagai travel influencer. Di Indonesia, terdapat banyak destinasi wisata baru yang siap bekerjasama dengan para travel influencer Indonesia.

Salah satu contohnya seperti Cindy Lauw yang diundang oleh Kementerian Pariwisata untuk bekolaboasi dalam mempromosikan destinasi wisata berbasis CHSE.

7. Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Kreativitas

Sebagai seorang travel influencer, kamu secara otomatis akan meningkatkan keterampilan dalam berkomunikasi.

See also  Abadikan Momen Dengan Kamera Polaroid

Dalam proses pembuatan konten-kontenmu, kamu dituntut untuk memiliki artikulasi bahasa yang baik, kemampuan berbicara yang efektif, keterampilan penulisan, dan kemampuan presentasi yang menarik bagi audiens.

Seiring berjalannya waktu, keterampilan-keterampilan ini akan terasah dan meningkat. Penting untuk terus berusaha dan memperbaiki keterampilanmu agar menjadi travel influencer yang lebih baik.

Yuk, Jadilah Travel Influencer Indonesia yang Sukses!

seorang  travel influencer indonesia sedang mengibarkan bendera merah putih di pantai

Dari tujuh keuntungan diatas, dapat dilihat bahwa memiliki profesi atau side job menjadi seorang travel influencer sangatlah menjanjikan secara finansial.

Selain itu, menjadi travel influencer juga bisa membangun relasi atau komunitas antar influencer lainnya untuk menambah wawasan dan kesempatan lainnya. 

Namun untuk menjadi seorang travel influencer yang terkenal pastinya membutuhkan waktu, dedikasi, kerja keras, dan kesabaran. 

Kalau kamu salah satu yang berdedikasi untuk menjadi travel influencer di Indonesia, yuk kembangkan terus skill dan minat bakat kamu!


Posted

in

by

Tags: