ilustrasi seorang wanita sedang membuat konten di website membershipnya

6 Cara Mudah Membuat Website Membership

Seorang konten kreator ternama pastinya sudah memiliki fanbase. Apapun yang dibuat oleh sang kreator, pastinya akan disukai dan mendapatkan perhatian dari para penggemarnya.

Dengan jumlah fans yang terus bertambah, kreator harus mempertimbangkan bagaimana cara untuk mempertahankan loyalitas dari para fans nya tersebut. 

Bahkan, tidak hanya mempertahankan loyalitas untuk tetap mengikuti kreator, juga untuk mendatangkan penghasilan yang lebih banyak.

Terdapat beberapa website membership yang memberikan penghasilan per hari atau bahkan per jam. 

Sehingga, banyak sekali konten kreator ternama yang membuat website membership sebagai bagian dari metode monetisasi bisnis mereka.

Apa itu Website Membership?

Website membership merupakan sebuah website yang mewajibkan setiap membernya untuk membayar sejumlah uang untuk dapat diakses. 

Akses tersebut bisa digunakan untuk melihat konten atau menikmati fitur-fitur lainnya.

Website mebership juga bisa berupa platform video online, dimana para member harus membayar dalam kurun waktu tertentu (subscribe) agar dapat mengakses konten-konten tetentu. 

Tentu saja sistem membership ini menguntungkan pemilik konten. Lalu bagaimana cara membuat website membership?

Langkah-langkah Membuat Website Membership

Berikut ini adalah hal-hal yang harus kamu lakukan untuk membuat website membership :

1. Persiapan awal

Langkah pertama dalam membuat website membership adalah menganalisis target audiens untuk menentukan niche atau topik yang tepat untuk website membership kamu.

Selain itu, buatlah perencanaan model bisnis yang ingin kamu kembangkan dan metode pendapatan yang tepat dari website membership dengan niche yang kamu pilih.

See also  Cara Membuat Rate Card Influencer untuk Pemula

2. Pemilihan platform website membership

Lakukan riset tentang platform apa yang paling cocok untuk membuat website membershipmu.

Bandingkan satu platform dengan platform lainnya. Kamu bisa mengeksplorasi fitur dan fungsinya, dan juga mempelajari perlindungan dan keamanan data platform yang ingin kamu gunakan.

Hal ini sangat penting, karena kamu tidak akan mendapatkan apa-apa jika kamu salah memilih platform. Lebih parahnya lagi, kamu bisa kehilangan konten kamu untuk selamanya.

3. Desain dan pengembangan website membership

Dalam membuat website membership, estetika berperan penting.

Oleh karena itu, buatlah rancangan tampilan (UI) website kamu dengan menarik dan juga user-friendly. Jangan hanya menarik secara penampilan namun juga mudah untuk digunakan.

Agar member lebih nyaman dalam mengakses website, optimalkan responsivitas dan kecepatan loading yang lebih untuk mereka yang membayar website membership daripada non-member.

Jika kamu ingin langsung mendapatkan desain UI yang menarik, kamu bisa menggunakan Mocaas dan pilih template yang tersedia.

4. Membuat konten untuk website membership

Orang-orang yang tergabung di website membershipmu layak mendapatkan lebih.

Oleh karena itu, suguhkan mereka dengan konten yang memiliki nilai dan bisa relevan dengan mereka. Kamu bisa membuat konten premium atau eksklusif yang dapat diakses dengan mudah.

Jangan lupa untuk menerapkan strategi pemasaran konten agar lebih banyak orang-orang yang tertarik untuk bergabung website membership kamu.

5. Integrasi sistem pembayaran dan manajemen member

Mengintegrasikan sistem manajemen keanggotaan yang efektif merupakan langkah selanjutnya. 

Tetapkan level keanggotaan, keuntungan yang didapatkan dari setiap level, dan periode pembayarannya.

Pilih payment gateway yang terpercaya seperti xendit, faspay, midtrans atau lainnya yang sesuai dengan kebutuhan untuk manajemen keuangan website membership dengan efektif.

See also  Gaji Content Creator YouTube : Penghasilan Besar Dari Youtube

6. Promosi dan pemasaran website membership

Sama seperti website dan konten, website membership juga harus dipromosikan.

Bangun strategi pemasaran digital untuk meningkatkan kesadaran dan website membership dengan memanfaatkan media sosial untuk memperluas jangkauan dan membangun komunitas.

Gunakan konten eksklusif dan tawaran khusus untuk menggaet prospek keanggotaan.

Buat website membershipmu sekarang!

Dengan membuat website membership, kamu secara tidak langsung dapat membuat fanbase di website kamu. Itu artinya kamu punya audiens yang selalu setia.

Apakah kamu siap untuk membuat website membership mu sekarang? Yuk coba buat di mocaasTv!

More Reading

Post navigation

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *