seorang kameramen sedang memegang salah satu gimbal kamera terbaik

5 Rekomendasi Gimbal Kamera Terbaik 2023

Sebagai konten kreator, proses shooting video adalah hal yang sering dilakukan. Agar hasil videomu terlihat stabil, kamu perlu memiliki salah satu dari beberapa rekomendasi gimbal kamera atau stabilizer kamera.

Kriteria dalam Memilih Gimbal Kamera Terbaik

Sebelum memutuskan untuk membeli gimbal kamera, penting untuk mempertimbangkan beberapa kriteria berikut agar gimbal kamera terbaik yang kamu pilih dapat sesuai dengan kebutuhanmu.

1. Stabilisasi yang Kuat untuk Hasil Video yang Lancar

Agar meminimalisir shock saat pengambilan video terutama saat harus banyak bergerak, gimbal kamera harus memiliki stabilitas yang kuat. 

Berikut beberapa level stabilitas yang perlu kamu ketahui sebelum memilih gimbal kamera terbaik:

  • Stabilisasi Dasar: Mampu mengurangi getaran atau guncangan, tetapi masih menghasilkan beberapa pergerakan kecil pada gambar.
  • Stabilisasi Menengah: Mampu mengurangi getaran atau guncangan yang lebih signifikan dan menghasilkan gambar yang lebih stabil dibandingkan stabilisasi dasar.
  • Stabilisasi Tinggi: Mampu mengurangi getaran atau guncangan keras dan pergerakan cepat. Memiliki tiga sumbu peredam guncangan elektronik yang dapat menghasilkan gambar yang sangat stabil dan halus. 
  • Stabilisasi Profesional: Menggunakan teknologi terbaru dan terbaik, dilengkapi sistem kontrol yang canggih sehingga mampu mengurangi getaran yang sangat kompleks.

Tingkat stabilisasi gimbal kamera yang akan kamu pilih tentu harus menyesuaikan dengan konten yang ingin kamu buat. 

See also  Cara membuat komunitas online dalam 6 langkah mudah

Jika kamu seorang konten kreator dengan niche sport atau travel influencer, kemungkinan besar kamu membutuhkan stabilisasi tinggi hingga profesional.

2. Kompatibilitas dengan Kamera dan Peralatan Lain

Jika kamu mendapat rekomendasi gimbal kamera, pastikan kamu memilih gimbal kamera yang kompatibel dengan perangkat yang kamu miliki. 

Berikut tipe kompatibilitasdari gimbal kamera yang perlu kamu ketahui:

  • Gimbal Kamera DSLR/Mirrorless: Gimbal kamera yang dirancang untuk bisa mendukung bobot kamera yang lebih berat, sehingga memiliki kemampuan stabilisasi yang baik. 
  • Gimbal Kamera Smartphone: Gimbal kamera khusus smartphone dan dirancang untuk bisa komaptibel dengan aplikasi-aplikasi fotografi dan videografi di ponsel. Namun secara stabilisasi tidak sebaik gimbal kamera pada DSLR/Mirrorless.
  • Gimbal Kamera Aksi: Stabilizer kamera yang dirancang khusus untuk mengakomodir action camera seperti GoPro. Dimensi nya lebih kecil, ringan, dan tahan goncangan. Gimbal kamera jenis ini digunakan oleh olahragawan ekstrim atau kegiatan outdoor
  • Gimbal Kamera All-in-one: Stabilizer kamera yang bisa kompatibel dengan jenis kamera apapun, termasuk DSLR, Mirrorless, dan smartphone

Selain kompatibilitas, biasanya penggunaan gimbal kamera juga dilengkapi dengan alat tambahan seperti microphone dan flashlight untuk mendapatkan gambar yang berkualitas. 

3. Kualitas Bahan dan Kekuatan Fisik Gimbal Kamera

Dalam memilih gimbal kamera, kamu perlu melihat material yang digunakan dalam gimbal kamera tersebut. Penggunaan material tertentu akan berpengaruh terhadap ketahanan dari gimbal kamera. 

Berikut beberapa material beserta tingkat kekuatan dari gimbal kamera:

  • Alumunium: Bahan ini ringan, kuat, dan tahan korosi. Penggunaan alumunium cenderung memiliki tingkat durabilitas yang baik.
  • Magnesium Alloy: Material ini sangat umum digunakan dalam gimbal kamera yang lebih mahal dan profesional. Bahan ini relatif sangat ringan namun tetap kuat dan tahan lama. Tidak dipungkiri gimbal kamera ini akan memiliki harga yang lebih mahal dari bahan lainnya. 
  • Plastik Komposit: Material ini digunakan pada bagian pegangan dan penutup dari gimbal kamera. Jika kamu mencari gimbal kamera dengan harga yang lebih terjangkau, kamu dapat memilih gimbal kamera dengan material ini. Akan tetapi kekurangan dari gimbal kamera bermaterial plastik komposit adalah durabilitas yang kurang baik.
See also  7 free tools for content creator to improve content quality

4. Fitur dan Fungsi yang Mendukung Kreativitas

Pilihlah gimbal kamera terbaik yang mempunyai berbagai fitur yang kamu butuhkan. Fitur-fitur tersebut harus bisa mendukung kreativitas kamu dalam pembuatan konten.

Berikut variasi fitur dalam gimbal kamera yang dapat mendukung kreativitas mu:

  • Stabilisasi Tiga Sumbu: Gimbal kamera membutuhkan tiga sumbu untuk dapat menstabilkan gambar, yaitu: Roll, Pitch, dan Yaw. 
  • Mode Panning dan Tilting: Pengguna memungkinkan untuk membuat gerakan miring atau belok yang halus pada saat merekam video. Sehingga angle atau gerakan sulit sekalipun akan tetap terekam dengan baik dan mulus dengan fitur ini.
  • Mode Following Object: Gimbal kamera dengan fitur ini secara otomatis dapat mengikuti objek yang dipilih, sehingga menjaga objek tetap fokus dan stabil walau bergerak-gerak.
  • Kontrol Manual: Dengan fitur ini pengguna dapat mengendalikan gerakan secara langsung, mengubah arah atau sudut kamera sesuai keinginan.

Dengan adanya fitur-fitur canggih, kreativitas kamu akan terus berkembang tanpa ada hambatan teknis dari peralatan rekam kamu.

5 Rekomendasi Gimbal Kamera Terbaik di 2023

Untuk kamu yang masih bingung dalam memilih gimbal kamera, berikut adalah daftar rekomendasi gimbal kamera terbaik yang bisa kamu pertimbangkan:

1. DJI Ronin-S

DJI Ronin-S, salah satu rekomendasi gimbal kamera terbaik

DJI Ronin-S dirancang untuk dapat digunakan oleh kamera DSLR dan mirrorless.

Dilengkapi dengan kapasitas muatan 3.6 kg dan battery grip hingga 12 jam, kamu bisa menggunakan gimbal kamera ini dalam ranah profesional dan sesuai dengan kebutuhan pengambilan video yang ingin kamu capai.

Gimbal kamera ini dijual dengan harga berkisar Rp 8.5 juta.

2. Zhiyun Crane 3S

Zhiyun Crane 3S, salah satu rekomendasi gimbal kamera terbaik

Gimbal kamera satu ini merupakan three-axis stabilizer kamera yang memang dirancang khusus untuk penggunaan DSLR dan pengambilan gambar yang stabil.

See also  Demonetisasi YouTube dan Strategi Menghindarinya

Dengan dimensi 346 x 344 x 98mm dan bobot 2470g, Zhiyun Crane 3S dilengkapi dengan kapasitas baterai 2600mAh yang bisa digunakan hingga 12 jam.

Dengan harga yang mulai dari Rp. 10 juta, gimbal kamera ini bisa kamu miliki.

3. Moza Air 2

Moza Air 2 bisa digunakan untuk bermacam-macam kamera, seperti DSLR, mirrorless dan pocket cinema.

Dengan empat baterai Li-ion 18650 yang dapat diganti, Moza Air 2 bisa kamu gunakan hingga 16 jam. Apalagi gimbal kamera ini mempunyai berbagai fitur seperti iFocus system, smart timelapse, memory quick release system, dan smart wheel & OLED display.

Gimbal kamera ini bisa kamu tebus dengan harga sekitar Rp 8 juta.

4. FeiyuTech AK4500

Sebagai compact 3-axis gimbal stabilizer, FeiyuTech AK4500 jelas merupakan gimbal kamera terbaik.

Untuk pengambilan video yang optimal, FeiyuTech AK4500 dirancang dengan angled motor arm dan memberikan gerakan 360° pan, 230° tilt, dan 360° roll motion. Dengan bobot 4,6 kg dan angled motor arm, gimbal kamera ini bisa kamu gunakan dengan mudah.

Gimbal kamera ini bisa kamu beli dengan harga mulai dari Rp 4.7 juta.

5. Freefly MoVI Pro

Dirancang dengan 3-axis digital camera,gimbal kamera yang satu ini cocok untuk berbagai kamera.

Dengan berbagai fitur dan aksesoris yang menyertai seperti timelapse, majestic mode, dan dual GPS, Freefly MoVI Pro juga dilengkapi dengan baterai bawaan yang bisa diisi tanpa menambahkan bulk.

Harganya yang mulai dari Rp 5 juta menjadikan gimbal kamera ini bisa kamu gunakan sekarang juga.

Apa Pilihan Gimbal Kamera Terbaik untuk Kamu?

Setelah mempertimbangkan beberapa rekomendasi gimbal kamera diatas, apakah kamu sudah bisa memilih gimbal kamera mana yang kamu butuhkan?

apapun tipe gimbal kameranya, kamu harus tetap belajar dan berkembang untuk bisa menjadi seorang konten kreator yang kreatif! 

Stay inspired with mocaasTV.

More Reading

Post navigation

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *