ilustrasi platform monetisasi video terbaik

5 Platform Monetisasi Video Terbaik di 2023

Bagi seorang konten kreator, memilih platform monetisasi video terbaik adalah salah satu faktor kesuksesan dari menghasilkan pendapatan.

Apalagi saat ini platform monetisasi sudah menjamur dengan berbagai macam fitur-fitur unggulan yang ditawarkan.

Pastinya, fitur monetisasi yang paling menguntungkan adalah yang akan dipilih oleh para konten kreator sebagai platform monetisasi andalan mereka.

Jika saat ini kamu sedang kebingungan untuk mencari platform monetisasi video terbaik dan tepat, berikut MocaasTV merangkum 5 platform monetisasi video terbaik versi tahun 2023.

1. YouTube

Youtube, urutan pertama dari platform monetisasi terbaik versi mocaas

Ketika kita membahas tentang platform monetisasi video terbaik, YouTube menempati posisi teratas. Tidak bisa dipungkiri bahwa YouTube adalah platform monetisasi video tertua yang eksis hingga sekarang yang didirikan pada tahun 2005 oleh Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim.

Saat ini YouTube memiliki 2.1 miliar pengguna dan lebih dari 500 jam video terunggah setiap menitnya. Oleh karena itu , YouTube menjadi platform pilihan bagi para pengguna maupun pembuat konten video.

YouTube menawarkan berbagai sumber pendapatan untuk para konten kreator. Seperti dengan metode iklan, Sponsorship, Subscriber, YouTube Premium, Super Chat, dan Super Stickers

Dengan menggunakan metrik yang bernama Cost per Mille (CPM), konten kreator bisa melihat jumlah uang yang didapatkan per 1.000 jumlah tontonan video.

Baca juga : bagaimana cara membuat giveaway di YouTube agar subscriber kamu terus bertambah

2. TikTok

Tiktok, urutan kedua dari platform monetisasi terbaik versi mocaas

TikTok adalah platform monetisasi video terbaik yang sedang ramai digunakan belakangan ini.

Berdasarkan hasil riset Statista, platform video ini menempati peringkat keenam sebagai media sosial yang banyak digunakan di seluruh dunia, dengan 1 miliar pengguna yang aktif per Januari 2023.

See also  11 Rekomendasi Mikrofon Podcast Terbaik di 2023

Dalam hal monetisasi, TikTok menawarkan delapan jenis monetisasi yang bisa digunakan oleh para pengguna, di antaranya adalah:

  • TikTok Creator Fund
  • TikTok Creator Marketplace
  • TikTok Shopping
  • TikTok Ads
  • Live Streaming on TikTok
  • Affiliate Marketing
  • Pengumpulan tip atau donasi
  • TikTok Pulse

Tidak heran kalau TikTok disenangi karena selain konten-kontennya yang menarik, TikTok juga bisa menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan.

3. MocaasTV

MocaasTV, urutan ketiga dari platform monetisasi terbaik

Platform monetisasi video terbaik lainnya adalah MocaasTV. Platform ini menjadi platform video terbaru yang mudah digunakan oleh konten kreator.

Konten video yang diunggah oleh kreator dapat didistribusikan secara eksklusif. Hal ini membuat channel kamu lebih orisinil dan mudah dikenal.

Selain itu, semua video yang diunggah dapat dimonetisasi, tentunya dengan mudah. Dengan akses yang eksklusif dan monetisasi, konten kreator bebas menentukan harga dari masing-masing konten nya. 

Baca juga : cara monetisasi video dengan MocaasTV

4. Twitch

Twitch, urutan keempat dari platform monetisasi terbaik versi mocaas

Twitch juga dianggap sebagai salah satu platform monetisasi video terbaik. Platform ini merupakan media streaming yang menargetkan orang-orang yang gemar bermain video game.

Dengan konsep live streaming atau ikan “Bits”, para pengguna bisa mendapatkan uang. Melalui tayangan langsung, kamu bisa menyalurkan hobi kamu, berinteraksi dengan viewers dan juga menghasilkan di saat yang bersamaan.

Untuk para gamers, Twitch otomatis menjadi platform monetisasi video terbaik yang pernah ada.

5. Patreon

patreon, urutan kelima dari platform monetisasi terbaik versi mocaas

Patreon datang dan menjadi pesaing situs-situs lain untuk menjadi platform monetisasi video terbaik.

Platform ini dirancang untuk memamerkan hasil-hasil berbagai bentuk karya. Para konten kreator dan seniman dapat mendapatkan keuntungan dari orang-orang yang menikmati karya mereka.

Cara monetisasi Patreon adalah dengan berlangganan bulanan (subscribe), berbentuk donasi, dan akses eksklusif melalui konten premium.

See also  7 Trik Terbaik untuk Menciptakan Video Timelapse Langit

Dengan banyaknya platform yang ada, pilihlah platform monetisasi video yang terbaik untuk kamu.