ilustrasi seorang wanita yang sedang menggunakan tools social media manager

4 Tools Social Media Manager Gratis untuk Pemula

Era digital mendorong banyak orang untuk memaksimalkan platform media sosial dan menggunakan tools social media manager untuk mempermudah proses social media management.

Apa itu Social Media Management?

Dalam definisinya, social media management mengacu kepada proses menganalisa, mengelola, dan mengawasi audiens melalui media sosial.

Hal ini mencakup dalam beberapa hal, seperti mengukur keberhasilan konten, mengidentifikasi target pasar, sampai meningkatkan brand awareness dengan membuat campaign. Dengan itu, perusahaan maupun individu dapat meningkatkan penjualannya.

Untuk memulai transformasi digital itu sendiri, pemilik bisnis bisa memulai dengan mengimplementasikan social media management dengan bantuan tools social media manager.

Keuntungan dari Tools Social Media Manager

Salah satu alasan utama mengapa social media manager digunakan banyak orang adalah karena kemampuanya dalam mengelola dan menganalisis konten. 

Tools social media manager yang ada saat ini dapat membantu kamu dalam mengatur jadwal posting, mengelola campaign, dan menganalisis konten media sosial secara cepat. 

Sehingga kamu bisa mendapatkan ide konten yang lebih luas dan strategi konten yang lebih optimal. Hal ini dapat membantu proses social media management kamu lebih baik lagi. 

Fungsi Penggunaan Tools Social Media Manager

Sebelum memilih tools social media manager yang tepat, ada baiknya kamu mengetahui fungsi penggunaanya:

  • Pengelolaan dan analisis konten
  • Meningkatkan engagement dengan customer/followers
  • Mengelola dan mengawasi reputasi bisnis
  • Membantu menjangkau customer/followers 
See also  Strategi Keberhasilan Bisnis Melalui TikTok

Dari beberapa fungsi tersebut, terbukti bahwa tools social media manager dapat aktif membantu proses bisnis dan meningkatkan penjualan kamu.

Pilihan Tools Social Media Manager Gratis

Jika kamu belum memiliki budget untuk berlangganan tools social media yang berbayar, kamu bisa mencoba beberapa rekomendasi tools social media manager berikut yang dapat digunakan secara cuma-cuma.

1. Facebook Meta Business Suite

meta business suite adalah salah satu tools social media manager yang mudah digunakan oleh siapapun

Tools social media yang akan kita bahas pertama adalah Facebook Meta Business Suite, atau dulu bernama Facebook Business Suite.

Jika perusahaan kamu mempunyai akun Instagram dan Facebook dan ingin melakukan digital marketing di dua social media tersebut, gunakan tools social media yang satu ini.

Dengan berbagai fiturnya seperti analytics, messaging, dan pengelolaan campaign, Meta Business Suite juga langsung terintegrasi dengan berbagai tools Facebook seperti Ads Manager atau Commerce Manager. 

Karena itu, tools ini memiliki berbagai keunggulan yang bisa kamu rasakan, seperti meningkatkan efisiensi, penggunaan yang lebih praktis, dan mendapatkan data dengan lebih detail.

2. Hootsuite

Sebagai tools social media manager, nama Hootsuite tentu sudah tidak asing lagi.

Dirancang sebagai tools social media, Hootsuite memudahkan setiap penggunanya untuk menjalankan social media management, seperti membuat jadwal posting ke berbagai media sosial.

Hootsuite sangat tepat untuk digunakan oleh perusahaan yang memanfaatkan lebih dari satu media sosial. Kamu bisa menggunakan tools ini untuk memposting konten yang sama di Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram, dan WordPress dalam waktu yang bersamaan.

Dengan Hootsuite, produktivitas bisa ditingkatkan dengan waktu yang lebih efisien.

3. Buffer

Buffer adalah salah satu tools social media manager yang sangat reliable. Kamu dapat menghubungkan beberapa akun media sekaligus seperti Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, dan LinkedIn ke dalam dashboard Buffer.

See also  7 Cara Meningkatkan Social Media Engagement

Setelah akun terhubung, kamu dapat dengan mudah mengatur jadwal posting untuk setiap platform, membuat postingan, dan mengatur waktu terbaik untuk mempublikasikan konten agar dapat mencapai audiens yang lebih luas.

Buffer menyediakan fitur analisis media sosial yang membantumu memahami kinerja konten. Dengan data dan metrik yang disediakan oleh Buffer, kamu dapat menilai efektivitas kampanye media sosial mereka dan mengambil tindakan yang sesuai untuk meningkatkan kinerja.

4. SocialBee

Sebagai tools social media manager, SocialBee menawarkan fitur-fitur yang membantu dalam merencanakan dan mengelola konten media sosial kamu dengan efisien.

SocialBee memungkinkan kamu untuk mengelompokkan konten Anda dalam kategori tertentu, yang disebut “bees,” dan kemudian menjadwalkan postingan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Selain itu, SocialBee ini juga menyediakan fitur pembuatan hashtag dan short URL otomatis, serta analisis kinerja yang membantu Anda memahami bagaimana konten Anda sedang berkinerja di berbagai platform.

Pilih Tools Social Media Manager yang Sesuai Kebutuhanmu!

Kini, proses social media management dapat dengan mudah dilakukan dengan bantuan tools social media manager.

Sebagai seorang Social Media Specialist atau konten kreator pemula, kamu bisa memilih salah satu dari beberapa tools social media manager gratis yang sesuai dengan kebutuhanmu!

More Reading

Post navigation

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *